Microsoft Keluarkan 1500 Apps Lebih dari Windows Store

Windows_StoreJAKARTA, PCplus – Microsoft sedang bersih-bersih Windows Store. Sekitar 1500 apps ‘payah’ yang tidak lulus proses sertifikasi perusahaan dibuang. Dan masih banyak apps lain yang akan jadi korban di Windows Store maupun Windows Phone Store sejalan dengan waktu.

Di Windows Store, memang ada banyak sekali apps palsu yang mencoba membonceng program sah. Contoh, jika kamu mencari browser gratisan Mozilla Firefox, kamu akan disuguhi beberapa apps palsu, termasuk yang menarik bayaran. Tergantung dari apa yang kamu cari, bisa saja kamu terjebak dengan memilih versi palsu yang sarat malware dan ware-ware lainnya.

Syukurlah Microsoft akhirnya memutuskan untuk membersihkan tokonya. Setelah mendengarkan keluhan pera pelanggannya tentang bagaimana sulitnya mencari apps yang mereka inginkan, Microsoft memodifikasi persyaratan sertifikasi Windows Store app untuk mencegah developer salah menginterpretasikan software-nya. Dengan aturan baru tersebut, sebarang kiriman yang masuk harus tunduk pada hal berikut:

– Penamaan: jelas dengan akurat mencerminkan fungsionalitas app

–        Kategori: memastikan apps dikategorikan menurut fungsi dan tujuan app

–        Ikon: harus berbeda agar tidak keliru dengan yang lain.

Tentu perubahan-perubahan di atas saja tidak cukup. Namun inilah langkah pertama Microsoft untuk membuang apps yang melanggar kebijakan barunya (setelah menghubungi developer dan memberi mereka waktu untuk memperbaiki masalah apa pun) dan meluncurkan perubahan baru seperlunya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.