Microsoft Tunjuk NewLease sebagai Penyedia SPLA-nya

spla microsoftJAKARTA, PCplus – Makin hari makin banyak perusahaan yang memanfaatkan komputasi awan (cloud computing). Namun software di awan tidak selalu gratis loh, kamu tetap harus membayar ijin untuk menggunakannya (lisensi). Untuk produk Microsoft misalnya.

Nah untuk membantu UKM di Indonesia memperoleh akses software TI legal Microsoft secara lebih efisien dan terjangkau, Microsoft telah menunjuk NewLease sebagai penyedia SPLA (Service Provider Licensing Agreement) produknya di tanah air. NewLease yang didirikan tahun 2003 merupakan pemimpin sekaligus spesialis dalam hal perizinan software berlangganan. Lebih dari 80% pendapatan perusahaan yang berkonsentrasi sebagai penyedia jasa awan dan layanannya ini berasal dari layanan SPLA.

“Melalui komputasi awan, bisnis kecilpun kini bisa merasakan manfaat software dan layanan sekelas enterprise yang sebelumnya hanya bisa dimiliki oleh perusahaan besar. Dengan upaya kami menyediakan software Microsoft berbasis “pay-as-you-go” maka perusahaan di Indonesia, baik besar atau pun kecil, memiliki peluang yang sama untuk meraih kesempatan, lebih fokus kepada bisnis utama mereka, dan meningkatkan nilai ekonomisnya di bidangTI,” kata Andreas Diantoro (Presiden Direktur, PT Microsoft Indonesia).

“Tiga tahun mendatang, kami perkirakan jumlah perusahaan yang menggunakan komputasi awan berbayar akan meningkat tiga kali lipat seiring meningkatnya kepercayaan mereka terhadap berbagai keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Bagi NewLease, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk perkembangan bisnis software berlangganan di pasar Indonesia. Indonesia siap mengantisipasi peningkatan penggunaan sistem komputasi awan yang sangat tinggi dan tengah memimpin di Asia Tenggara. Hal ini didorong oleh pertumbuhan tren penyedia layanan untuk lebih berkonsentrasi pada volume yang tinggi dan layanan bernilai tambah. NewLease memimpin dalam penyediaan solusi perizinan awan, dan model ini –dengan peningkatan fleksibilitas perizinannya –akan mendatangkan berbagai peluang baru bagi para penyedia layanan di Indonesia,” kata Iskandar Myrza (Country Manager, NewLease Indonesia) yang selama 13 tahun bekerja di Microsoft.

Dominic O’Hanlon (CEO, NewLease) yang mengutip data laporan terbaru mengatakan, SME (small medium business – UKM) di tanah air akan menghabiskan US$ 1,2 juta dolar untuk menggunakan jasa cloud computing pada 2017.

 

Penunjukan NewLease ini juga menandai dibukanya kantor NewLease di Indonesia, yang merupakan kantor kelimanya di Asia Tenggara setelah Singapura, Thailand, Filipina dan Malaysia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.