Review Lenovo Tab A8

lenovo tab a8 colorUkuran layarnya identik dengan saudaranya yang hadir lebih dulu, Lenovo Yoga 8 (B6000-HV). Ya, layar Lenovo Tab A8 (A5500-HV) ini sama-sama IPS (in-plane switching) 8” dengan resolusi 800×1280 213dpi. Namun peruntukan keduanya beda, seperti tercermin dari harganya.

Yoga 8 yang bisa diposisikan dalam tiga posisi itu berharga premium, di atas Rp 4 juta, dan ditujukan untuk eksekutif. Secara fisik, Yoga A8 lebih elegan dengan casing silver atau hitam mengilat. Bagian sisinya agak menggembung karena Lenovo membenamkan baterai yang sekaligus berfungsi sebagai pegangan di sana. Karena itu dari sisi bobot, Yoga 8 juga lebih berat dibandingkan A8 yang hanya 356 gram (Yoga 8 398 gr).

Namun harga A8 lebih terjangkau, tak sampai Rp 2,5 juta. Membidik mereka yang berjiwa muda, A8 tampil berani dibandingkan Yoga 8. Kamu bisa memilih A8 dengan casing belakang berwarna pink merona atau kuning menyala. Kalau mau konvensional, silakan pilih yang putih atau hitam. O ya, seluruh badan A8 yang terbuat dari plastik itu rata tebalnya. Kendati enak dipegang dan mantap saat diketuk, menurut PCplus, casing belakang A8 agak licin.

O ya, perbedaan sasaran pasar (baca: harga) membuat jeroan dan fitur kedua tablet ini tak sama. Walaupun menggunakan SoC Mediatek (MTK) quad-core dengan RAM 1GB dan storage internal 16GB, tipenya tak sama. A8 mengusung MT8382, sementara milik Yoga 8 adalah MT8389 yang lebih tinggi. Renderer-nya pun beda. A8 menggunakan ARM Mali-400 MP, sedangkan Yoga 8 pakai PowerVR SGX 544MP.

Slot microSD dan SIMcard disembunyikan di balik tutup karet
Slot microSD dan SIMcard disembunyikan di balik tutup karet

A8 ini sudah mendukung USB OTG loh, jadi kamu boleh menancapkan perangkat OTG untuk memercepat dan memermudah transfer file dari/ke tablet. PCplus sukses mencobanya dengan OTG AData yang dipasangi flash disk Kingston DataTraveler 150 32GB. Cuma, ia hanya mengenali flash disk yang berformat FAT32. Dari flash disk itu, PCplus bisa secara mulus memutar file video dengan ekstensi MP4. Copy file dengan bantuan ES File Explorer pun bisa dilakukan.

Lenovo membenamkan fasilitas nirkabel Wi-Fi (802.11 b/g/n) dan Bluetooth 4.0 di A8. Keyboard Bluetooth dan mouse tak mengalami masalah saat PCplus koneksikan dengan A8. Sinyal Wi-Fi-nya pun cukup baik. PCplus sukses menghubungkan tablet A8 ini dengan hard disk eksternal AData DashDrive Air Elite AE800 500GB secara nirkabel (via Wi-Fi). File-file pun bisa dengan cepat ditransfer dari/ke hard disk eksternal tersebut. File film AVI, MP4 dan MKV mulus saat diputar di A8.

Namun sayang file MP3 terlihat agak berjeda saat diputarkan langsung dari hard disk eksternal yang dikoneksikan via Wi-Fi tadi. Padahal kualitas suara yang disuarakan oleh speaker Dolby Digital di bagian atas dan bawah layar itu cukup menyenangkan di telinga.

Kamera belakang dengan resolusi 5 MP ditempatkan di sisi kanan atas
Kamera belakang dengan resolusi 5 MP ditempatkan di sisi kanan atas

Seperti laiknya sebuah tablet, A8 yang datang dengan OS Android 4.2.2 Jelly Bean ini (bisa di-upgrade ke Android KitKat 4.4.2 dan sudah PCplus lakukan) dilengkapi fitur kamera depan dan belakang. Kamera belakangnya dilklaim 5 megapiksel 2560×1920. Resolusi kamera belakang lebih kecil, 2 megapiksel 1600×1200.

Di luar ruangan, kamera belakang ini cukup memuaskan. Namun di dalam ruangan yang remang-remang, rekaman video dan gambar yang ditangkap mengandung banyak noise. Menurut PCplus, posisi lensa di atas bagian kanan itu juga kurang tepat karena seringkali tertutup jemari tangan saat PCplus akan memotret.

Di tabletnya, Lenovo

membundelkan sejumlah app, antara lain Smart Side Bar. Yang ini menyenangkan karena memungkinkan kamu mengakses app yang baru saja dibuka dan menampilkan shortcut secara cepat. Side bar ini bisa dipanggil secara manual dengan menyapukan jemari dari sisi kanan ujung layar ke bagian tengah layar. Kamu juga bisa mengesetnya otomatik, agar ia muncul begitu kamu berpindah dari moda portrait ke lanskap atau sebaliknya.

Lenovo UI yang khas, tanpa app-tray sehingga apps harus diatur sendiri agar mudah dan cepat ditemukan
Lenovo UI yang khas, tanpa app-tray sehingga apps harus diatur sendiri agar mudah dan cepat ditemukan

Cuma yang suka bikin PCplus bingung adalah tidak adanya app tray. Alhasil semua app berserakan di antara homescreen dan halaman-halaman menu. Memang kita bisa mengaturnya sendiri dengan menahan sebuah jemari selama beberapa detik ke lokasi kosong di home screen, tetapi ini tidaklah praktis jika harus dikerjakan setiap kali kita selesai mengunduh sejumlah app baru. Padahal jika tak diatur, layar menu dengan cepat menjadi berantakan sehingga sulit mencari app dengan cepat.

***

Kabel USB dan adapter yang kompak sudah disertakan
Kabel USB dan adapter yang kompak sudah disertakan

Secara keseluruhan, Lenovo Tab A8 cukup enak dipakai. Bagi sebagian orang, khususnya yang bertangan kecil, mungkin saja ia agak berat untuk dipegang berlama-lama. Namun fasilitasnya cukup lengkap, sepadan dengan harganya yang terjangkau. Kinerja tablet pun memadai untuk menemani kamu bersenang-senang, seperti main game dan nonton video. Radio FM misalnya bisa kamu putar dengan suara jernih tanpa perlu memasang earphone. O ya dalam paketnya, Lenovo cuma menyertakan sebuah adapter dan kabel USB

 

www.lenovo.com

Rp 2.499.000

1 tahun

 

Plus: Badan tipis, desain bersih, badan solid, kualitas speaker Dolby Digital mantap; harga terjangkau

Minus: Kamera kurang baik di kondisi remang-remang, mengatur menu layar secara alfabetis susah

 

SKOR TOTAL: 8 (HOT PRODUCT)

 

Skor Benchmark setelah OS di-upgrade ke Android KitKat 4.4.2

AnTutu 16842
3DMark
Ice Storm 2944
Ice Storm Extreme 1992
Ice Storm Unlimited 2870
Nenamark 2 v.2.4
Last 52,6 fps
Best 52,6 fps
Smartbench 2012
Productivity Index 4437
Gaming Index 2308
Dibandingkan Samsung Galaxy S3, skor benchmark Lenovo Tab A8 unggul di 3D Graphics dan Database I/O
Dibandingkan Samsung Galaxy S3, skor benchmark Lenovo Tab A8 unggul di 3D Graphics dan Database I/O

 

SPESIFIKASI Lenovo Tab A8

 

Display
Touchscreen Multi-Touch 8”
Fitur Wide-View (IPS) 1280×800
Prosesor
Clock Speed 1,3 GHz
Jumlah Core Quad-Core
Sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2 (upgradeable to KitKat 4.4.2)
Memori
Storage 16 GB Embedded MultiMediaCard
Dukung Kartu memori flash microSD, maks. 32GB
Komunikasi
Nirkabel 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0
Kamera
Kamera belakang 5 Megapixel
Kamera depan 2 Megapixel
Multimedia
Audio Mikropon , speaker
Konektivitas 1 x microSD, 1 x headset, 1 x Micro-USB
Baterai Internal Lithium-Polymer 4200 mAh
Fitur lain G-sensor, FM radio, vibrating Alert
Dimensi 21,7×13,6×9 mm
Bobot 356 gram

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.