Asik, Satu Kabel untuk Dua Standar

 reversible-usb-3JAKARTA, PCplus – Kabel data USB dan AV (audio video) akan menjadi satu. Tepatnya dua standar, tapi satu kabel. Menyenangkan bukan?

Begitulah yang akan terjadi setelah Video Electronics Standards Association (VESA) mengumumkan bahwa Displayport AV, kabel standar yang biasa itu, akan sepenuhnya kompatibel dengan standar USB 3.1 yang akan datang.

Secara penampakan, Displayport mirip antarmuka USB B yang agak lebih kecil. Displayport biasanya dipakai sebagai alternatif dari HDMI dan VGA untuk koneksi ke monitor, kamera dan perangkat audio/video (AV) lain.

USB 3.1, yang akan hadir tahun 2015, memiliki antarmuka type C yang sepenuhnya bisa dibalik. Artinya, konektornya bisa dipasang bolak-balik, tidak yang ada seperti sekarang.

Pengumuman VESA ini mengungkap bahwa teknologi Displayport akan dipadukan dalam desain USB 3.1. Ini berarti semua perangkat yang dilengkapi USB 3.1 akan bisa menggunakannya selama adapternya pas. Teknologi yang disebut Displayport Alternate Mode ini cukup kecil jadi satu kabel bisa mendukung displai dan bentuk data lain secara sekaligus.

“Konektor USB Type-C dan kabel bisa memberikan kinerja audio/video full Displayport, mendorong resolusi monitor 4K dan di atasnya, data Superspeed USB (USB 3.1), dan daya sampai 100 Watts dalam satu kabel,” jelas VESA.

Dijelaskan juga bahwa perangkat yang mentransfer data 10Gbps di masing-masinga rah akan disuplemen oleh displai 4K yang menjalankan resolusi 3840×2160. Displai 5K yang menjalankannya pada resolusi 5120×2880 juga akan memiliki cukup kapasitas untuk trafik USB 2.0 standar.

Kabar Displayport AV ini juga berarti pesaing utama USB tinggal Thunderbolt dari Intel.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.