Ck..Ck…, Harga Kartu SD ini Rp 11 Juta!

sandisk extreme pro sdxc 512gbJAKARTA, PCplus – Produsen kartu memori SanDisk baru saja memperkenalkan kartu SDXC UHS-I terbarunya di Jakarta. Harganya mengejutkan, yakni Rp 11 juta!

Harga Rp 11 juta itu berkorelasi dengan super leganya kapasitas pada kartu memori yang ditujukan pada kalangan fotografer dan videografer Profesional tersebut. Ya, SanDisk Extreme PRO SDXC UHS-I berkapasitas 512GB, terbesar saat ini. Cocok buat dijadikan media penyimpan pada kamera profesional berspesifikasi tinggi.

Dalam acara peluncuran di Jakarta (30/9/2014), Hui Low (Product Marketing Manager, APAC, SanDisk (HK) Ltd.) mengungkapkan makin banyak kamera profesional yang mengadopsi standar SD (Secure Digital) sekarang. “81 persen dari fotografer profesional menggunakan kartu SD,” katanya.

Hu juga mengatakan kartu SD berkapasitas 512GB itu juga mengakomodir mereka yang ingin merekam video dalam resolusi tinggi — Full HD dan bahkan Ultra HD 4K (3820x2160p) – dengan menggunakan kamera digital, atau smartphone. “Video Ultra HD 4K dengan durasi 3 menit akan menghabiskan 12GB. Kapasitas kartu akan cepat habis. (SanDisk Extreme PRO SDXC UHS-I) Ini bisa dipakai merekam video Full HD 48 jam. Merekam tanpa batas,” jelas Hui Low.

Selain berkapasitas besar, kartu memori SanDisk ini gesit merekam. SanDisk menyematkan spesifikasi UHS Speed Class 3 (U3) di kartunya itu. Kecepatan tulisnya, klaim SanDisk, mencapai 90MB/s, sehingga mumpuni untuk melayani mode burst kamera Profesional. Sementara kecepatan transfer data bisa mencapai 95MB/s.

Selain kapasitas 512GB yang dijual Rp 11 juta, SanDisk Extreme PRO SDXC UHS-I tersedia dalam kapasitas lebih rendah: 256GB dan 128GB. Garansinya sama: seumur hidup. “Bisa diklaim di mana saja. Kalau di Indonesia, bisa ke salah satu dari empat distributor. Syaratnya, ada kuitansi pembelian. Atau kotak kemasannya. Sebab PROduk ini tidak ada serial number-nya,” jelas Hui Low.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.