Dewaweb, Webhosting dengan Janji Uptime 100%

CEO, CTO dan Founder Dewaweb Edy Budiman
CEO, CTO dan Founder Dewaweb Edy Budiman

JAKARTA, PCplus – Apakah kamu ikutan ngantri Xiaomi Red Mi di Lazada kemarin? Atau pernah ikutan antri diskon tiket pesawat Air Asia? Kalau ya, pasti pernah dong sebal banget gara-gara server-nya down akibat diserbu calon pembeli yang berakibat kamu harus gigit jari, alias tak dapat yang kamu ingini?

Nah masalah server situs yang down gara-gara serbuan mendadak terkait promo khusus sering terjadi. “Tapi tak ada yang kasih solusi,” kata Edy Budiman (CEO merangkap CTO dan Founder, Dewaweb) dalam jumpa pers di Jakarta (9/9/2014). Menurut Edy, kebanyakan web hosting down akibat bergantung pada satu server. “Sehingga website overload karena sumberdayanya, prosesor, memori di-share dalam satu hosting. Perbaikannya biasanya lama,” terangnya.

Solusinya, kata Edy, adalah menggunakan web-hosting berbasis cloud seperti yang ditawarkannya. “Dengan cloud, diletakkan di sekumpulan server sehingga bila ada masalah akan di-take over dengan cepat. Beda lain, alokasi setiap website seperti punya jalur tersendiri untuk memori, CPU sehingga tidak berebutan. Bisa monitor pemakaian memori sehingga bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi,” jelas Edy tentang salah satu kelebihan Dewaweb.

Berbasis teknologi cloud, Dewaweb pun lalu berani menjanjikan uptime 100%. “Kalau tidak bisa jamin, tidak ada gunanya. Kami pakai teknologi cloud di semua level: hardware, software dan jaringan. Jadi (kalau pun down) bisa perbaiki lebih cepat. Dan di-backup dengan SLA. Kalau down lebih dari satu jam, kami kembalikan uang 5%,” tegas Edy.

Sementara dari sisi sekuriti, Dewaweb menggunakan teknologi CageFS File System. “Setiap server seperti dikandangin, jadi tidak bisa mempengaruhi yang lain jika jebol. Jika tidak ada CageFS, yang jebol satu site bisa menarik situs-situs lain (yang di-hosting di server yang sama),” terang Edy. Pengamanan lain adalah dalam bentuk Time Machine Backup yang otomatis dilakukan Dewaweb 2x per hari.

Tertarik menggunakan cloud hosting Dewaweb? Tersedia beragam paket, mulai untuk personal sampai enterprise. Yang paling murah adalah paket personal yakni Scout seharga Rp 15 ribu/bulan dengan kapasitas disk 200MB, bandwidth unlimited, domain gratis dan LiteSpeed Enterprise. Sementara yang paling mahal adalah paket Oracle untuk enterprise yang dijual RP 850 ribu/bulan dengan kapasitas disk 30GB, bandwidth unlimited, juga unlimitied add-on dan parked domain.

Kamu juga bisa memilih cloud server loh. Yang ini dijajakan per node dengan harga kisaran Rp 150 ribu/bulan sampai Rp 600 ribu/bulan. Cloud server ini disebutkan siap dipakai dalam 60 detik dan bisa diskalakan sesuai permintaan (scale on demand), dengan garansi uptime 100%.

Saat ini Dewaweb menggunakan lima cloud server di Singapura dan lima cloud server di Los Angeles. “Akan perluas data center ke Chicago, Amsterdam, London, dan Hongkong. Untuk Indonesia, sedang mencari lokasi data center yang cocok dalam 2 – 3 tahun ke depan. Butuh yang uptime 100% SLA (service level agreement). Masih mencari,” tutur Edy.

O ya, salah satu pengguna Dewaweb adalah situs GrosirFashion Online, sebuah situs e-commerce yang per harinya didatangi 30 – 60 ribu pengunjung. Pengguna lainnya adalah ForumJualBeli.com, yang menggunakan paket Oracle.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.