Ini Dia Nvidia Maxwell Kelas Atas

NvidiaGTX980
Akhirnya setelah menunggu beberapa bulan, varian kelas atas dari Maxwell dihadirkan oleh Nvidia. (Foto: Nvidia)

PCplus, Jumat – Nvidia secara resmi meluncurkan dua GPU terbarunya yang disebut dengan GeForce GTX 980 dan GeForce GTX 970. Kedua menggunakan arsitektur GPU terkini dari Nvidia, yakni Maxwell. Sebenarnya GPU yang menggunakan Maxwell telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu, namun untuk kelas atas alias high end baru melalui kedua GPU baru ini.

Keduanya diklaim mampu memberikan peningkatan kinerja dibandingkan GPU kelas atas generasi sebelumnya, sambil menekan daya. Ya, GeForce GTX 980 memiliki graphic card power sebesar 165 W, sementara GeForce GTX 970 memiliki graphic card power sebesar 145 W. Bandingkan dengan GeForce GTX 780/780 Ti dan GeForce GTX 770 yang sebesar 250 W dan 230 W.

Nvidia GeForce GTX 980 memiliki 2048 CUDA core dengan kecepatan sampai 1216 MHz plus memori lokal 4 GB GDDR5. Memori lokal ini memiliki kecepatan 7 Gbps dengan lebar jalur 256 bit. Sedangkan, Nvidia GeForce GTX 970 punya spesifikasi yang lebih ringan, yakni 1536 CUDA core dengan boost clock 1085 MHz. Untuk memori lokalnya, varian yang lebih hemat ini punya spesifikasi yang sama, namun dengan kapasitas default yang lebih kecil, 2GB.

Kedua GPU ini memiliki sejumlah fitur baru, seperti VXGI, MFAA, DSR, dan VR Direct. “Maxwell telah dikembangkan selama beberapa tahun, diinspirasi oleh para gamer kami, dan dibuat oleh berbagai orang terbaik di grafis 3D,” ujar Jen-Hsun Huang, Chief Executive Officer dan salah satu pendiri Nvidia. “Kinerja, efisiensi, dan teknologinya yang luar biasa akan memampukan para developer untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka dan menyenangkan para gamer di seluruh dunia.”

VXGI (Voxel Global Illumination) adalah teknologi baru Nvidia untuk secara akurat menampilkan pencahayaan tidak langsung. Dengannya bisa dibuat game 3D yang memiliki pencahayaan yang lebih menyerupai aslinya.

MFAA (Multi-Frame Sampled Anti-Aliasing) adalah teknologi anti-aliasing baru yang bisa memberikan anti-aliasing yang lebih bagus lagi pada game 3D.

DSR (Dynamic Super Resolution) merupakan teknologi yang diklaim bisa memberikan kualitas gambar yang lebih baik dengan cara merender game 3D pada resolusi yang lebih tinggi (misalnya 4K), lalu melakukan down sampling ke resolusi native layar (misalnya 1080p) menggunakan filter khusus.

VR Direct ditujukan untuk meningkatkan kinerja dan kompatibilitas dengan VR (Virtual Reality) headset.

Kartu grafis yang menggunakan Nvidia GeForce GTX 980 mapun Nvidia GeForce GTX 970 sudah mulai tersedia dari sejumlah produsen kartu grafis populer, namun belum ada informasi mengenai ketersediaannya di Indonesia. Untuk harganya sendiri, mulai dari US$549 dan US$329.

 

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.