AccessGo 4E, Ponsel Satu Jutaan Rupiah dengan Fitur NFC

accesgo4eJAKARTA, PCplus – Fitur NFC (near field communications) masih langka ditemukan di ponsel low-end. Biasanya fitur ini terdapat di ponsel premium, seperti Apple iPhone 6, BlackBerry Z10, Lenovo K800, LG G Pro 2, Lumia 930 dan Sony Xperia Z2. Namun NFC sudah dibenamkan AccessGo pada smartphone terbarunya, AccessGo 4E, yang dibandrol dengan harga khusus Rp 1,01 juta.

“Harganya sangat fantastik,” kata Leonardo Halim (President Director, AccessGo) dalam jumpa pers di Jakarta tadi siang (9/10/204). Tentu ada syaratnya. Harga murah itu hanya berlaku selama 10 hari (10 – 20 Oktober 2014). “Eksklusif di (situs belanja) Lazada.co.id,” jelas Leonardo. Kamu juga bisa mencicilnya selama 3 bulan loh. Setelah perioda tersebut, harga smartphone Android 4.4 KitKat dengan Dual SIM-card GSM ini naik 25%, menjadi Rp 1,299 juta.

Eh untuk apa sih NFC? Hmm, ini adalah teknologi contactless yang memanfaatkan Wi-Fi. Ia bisa digunakan sebagai metoda pembayaran. Kamu cukup tap ponselmu ke terminal pembayaran contactless yang ada di toko/stasiun KA saat membayar. Tidak perlu uang tunai. Tidak perlu kartu kredit/debet. Tidak perlu kode apa pun, pun tidak perlu pairing seperti pada Bluetooth. Mirip yang e-money bukan?

Sebenarnya, yang dilakukan NFC adalah mengenali kamu dan akun bank-mu ke sebuah komputer. Teknologinya sederhana saja: link nirkabel daya-rendah dengan jarak pendek dari teknologi RFID (radio frequency identification) yang mampu mentransfer sejumlah kecil data antara dua perangkat yang berjarak beberapa sentimeter. SIM card di ponselmu yang menjadi smart card yang mengenali akunmu ke jaringan. Di ponsel NFC seperti AccessGo 4E, SIM card yang terpasang juga juga bertindak sebagai Secure Element yang bisa menampung app lain seperti kartu pembayaran.

Nah, fitur NFC di smartphone dengan layar IPS 4,5” dengan RAM 1GB dan prosesor MediaTek MTK6582m 1,2GHz dan masa garansi 12 bulan ini, tutur Leonardo, untuk mendukung metoda pembayaran non-tunai di masa depan. “Software-nya sedang dikembangkan,” katanya.

Sementara ini AccesGo 4E juga menjalin kerjasama dengan Skye, yakni lembaga yang disertifikasi Bank Indonesia untuk menyediakan mobile money. Skye bisa digunakan untuk membeli pulsa, bensin, tiket, dengan melakukan tap dari ponsel. Tidak perlu pakai uang tunai.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.