Kurio, App Asli Indonesia dengan Ambisi Satu Juta Pengguna

kurioJAKARTA, PCplus – Kamu yang setiap hari suka segala hal yang up-to-date, mulai dari baca berita sampai status di Facebook dan Twiter, tidak perlu buka semua situs itu satu per satu. Pakai saja satu app, yakni Kurio, dan kamu bisa dapat semua berita terbaru sesuai topik yang kamu minati dari situ.

Asing dengan Kurio? Kurio, yang berasal dari kata bahasa Inggris Curious dan berarti ingin tahu itu adalah app pengumpul bacaan (news aggregator app) karya anak bangsa. Jangan keliru dengan Kurio yang merupakan tablet Android buat anak-anak ya. Kurio yang kita bicarakan adalah news app, yang mengoleksi konten dari berbagai sumber di Internet dan social media.

“Visi kami adalah agar anak muda bisa maju dan bukan hanya eksis (di Internet melalui Facebook, Twitter),” kata Antonny Liem (Chief Executive Officer, Merah Putih Inc. – yang menginkubasi startup lokal untuk di bidang teknologi, Internet dan media) dalam acara jumpa pers di Jakarta (30/9/2014). “Kurio adalah inkubasi internal. Ada tim produknya,” jelas Antonny yang perusahaannya menginkubasi 8 startup lokal sejak tahun 2010.

kurio2Dibandingkan app serupa, misalnya BaBe, Kurio terlihat berbeda.“Ada warna-warna simbol berita yang bisa dipilih user. Bisa baca semuanya dari satu app. Tampilannya minimalis, bersih. Ada ratusan topik berguna dari yang general sampai niche. Seperti digital marketing, SEO, SEM, mobile engineering, management dan leadership,” tutur David Wayne Ika (Founder & Chief Executive Officer, Kurio).

“Tujuannya adalah membantu user tetap update dengan berita-berita mutakhir setiap hari dan menjadi lebih pintar, dapat pekerjaan yang lebih baik, mendapatkan promosi, mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik,” tambahnya.

Kurio sebenarnya bukan app baru. App bersimbol kipas putih berlatar belakang merah ini sudah tesedia sejak tahun 2013 di Google Play Store maupun Apple App Store. Sementara ini Kurio tersedia hanya di smartphone, dan kata David sudah diunduh sekitar 50 ribu kali. “Kami hanya fokus di smartphone dan nanti tablet,” ucapnya sambil menambahkan bahwa pengunduh Kurio adalah pengguna Android (80%) dan iOS (20%).

“Kami mengincar 1 juta pengguna tahun ini. Yang dilihat adalah active monthly user, sekitar 500 – 600 ribu. Dalam satu sampai dua tahun ke depan, kami mau 1 dari 4 user Internet di Indonesia memakai Kurio. Delapan puluh juta pengguna Internet di Indonesia adalah target Kurio,” ungkap David. Saat ini, menurut David, rata-rata pengguna Kurio menghabiskan waktu sekitar 10 menit per hari dan menggunakannya 2 – 3 kali seminggu.

Agar pengguna Kurio bertambah dengan cepat, sejumlah strategi sudah disiapkan. Antara lain pemasangan Kurio secara pra-instal pada jajaran smartphone merek Polytron mulai kuartal 4 tahun ini.“Kami sedang mencari lebih banyak mitra (vendor) lokal,” tambah David. Kerjasama dengan publisher juga terus dijalin dengan target lebih dari 500 kerjasama melalui program Kurio for Publisher.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.