Ini Dia 10 Bencana Terburuk pada Data di 2014

dog usbJAKARTA, PCplus – Kroll Ontrack, penyedia jasa dan produk data recovery dan ediscovery baru saja merilis daftar 10 bencana data terburuk untuk tahun 2014. Perusahaan ini sejak 12 tahun lalu rutin mengumpulkan dan merilis daftar kegagalan terburuk yang terjadi di kantor-kantornya di seluruh dunia.

Nah apa saja 10 bencana data terburuk itu?

≠1 Perbedaan Pendapat (Polandia)
Dari sudut pandang klien: “Laptopku tidak mau mengikuti perintahku. Kami benar-benar tidak cocok dan saya kehilangan kendali, menamparnya dengan keras. Drive laptop rusak – dan itulah sebabnya saya ada di sini.” Tidak sehati dengan komputernya, si klien menghantam laptop tepat di lokasi drive, dan menyebabkan head drive menggores piringannya. Kerusakannya ekstensif, tetapi Kroll Ontrack memulihkan 50% dari data yang krusial.

≠2 Air Terjun yang Mengacau (Eslandia)
Seorang perempuan muda sedang menggunakan smartphone-nya untuk memotret keindahan air terjun ketika tiupan angin menyemprotnya dengan air dari air terjun tersebut. Ia basah kuyup. Begitu juga smartphone-nya. Wanita ini kehilangan akses smartphone-nya dan semua foto yang diambilnya, tetapi dengan Kroll Ontrack melakukan full recovery yang memulihkan semua foto dan ponselnya.

≠3 Bisa Terjadi pada Siapa pun (AS)
Bahkan karyawan Kroll Ontrack tak luput dari kehilangan data. Saat berada di kamar kecil di sela-sela rapat, seorang karyawan perempuan memasukkan iPhone-nya dari kantong belakang celananya. Begitu ia berdiri dan mengambil tasnya untuk keluar kamar kecil, ponselnya meluncur keluar, jatuh langsung ke dalam lubang toilet. Si karyawan mengambil ponsel yang tercebur itu dan langsung membawanya ke spesialis mobile recovery di ruang bersih. Semua data ponsel karyawan tersebut, termasuk foto anak-anaknya, kontak dan SMS berhasil diselamatkan.

≠4 Data Diserang (AS)
Ketika data sengaja dihilangkan, biasanya ini dengan tujuan jahat. Para peretas menyusupi sebuah hotel dan menghapus semua data aktif dan backup untuk 35Luns. Para engineers bekerja onsite dan secara remote untuk memulihkan semua data yang hilang tadi.

≠5 Server Hanyut (Bosnia dan Herzegovina)
Banjir di negara-negara Balkan menyapu sebuah server RAID 100 meter dari bangunan tempatnya berada. Butuh 2 minggu untuk menemukan server yang terendam di dalam air itu. Kroll Ontrack me-recover datanya 100%.

.≠6 Misteri Microsoft Surface (AS)
Kadang-kadang kita tidak tahu cerita di balik apa yang terjadi dengan sebuah device. Kroll Ontrack menerima sebuah Microsoft Surface yang pecah berkeping-keping. Yang diketahui hanyalah bahwa data recovery berhasil 100%.

≠7 Anjing Memakan … (USA)
Seekor anjing mengira sebuah USB flash drive adalah mainan untuk dikunyah-kunyah. Ketika drive ini sampai di Kroll Ontrack, jejak gigi ada di seluruh permukaannya, Si anjing selamat dari nasib buruk karena semua data dalam USB drive bisa diselamatkan.

≠8 Kecelakaan (Norwegia)
Kroll Ontrack menerima telepon dari seseorang yang mengalami kecelakaan ferry. Kameranya tercebur di air lebih dari satu jam. Para spesialis Ontrack Data Recovery specialists berhasil mengembalikan foto-foto dari kartu memori yang terkorosi.

≠9 Terlambat (AS)
Sebuah perusahaan sedang menyiapkan infrastruktur TI baru. Storage array baru itu siap untuk dikeluarkan dari kemasan dan dipasang di ruang server. Sehari sebelum dikoneksikan, storage array lama rusak dan akses ke data kritikal lenyap. Setelah beberapa menit panik dan stres, administrator TI memutuskan untuk mengundang para spesialis Kroll Ontrack. Semuanya berakhir baik.

≠10 Rusak Kena Air saat Kebakaran (Jerman)
Seorang pemadam kebakaran sedang memadamkan api saat Nokia Lumia 610-nya rusak kena air. Ia kehilangan seluruh datanya, termasuk foto-foto keluarga dan temannya. Kroll Ontrack memulihkan 732 foto dari ponselnya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.