Xiaomi Siap Luncurkan Perangkat Pintar Rumah

Xiaomi_logoJAKARTA, PCplus – Xiaomi berencana meluncurkan sebuah produk untuk pasar smart home pada akhir 2014 dan awal 2015 untuk mengejutkan pasar. Begitu kata Gao Ziguang, kepala bisnis platform hardware smart Xiaomi seperti dilansir Digitimes.

 

Mengomentari pasar dan industri smart home Tiongkok, Go mengatakan bahwa vendor dan produsen secara agresift mengembangkan produk-produk, tetapi konsumen belum benar-benar tertarik dengan produk tersebut. Fokus para vendor saat ini adalah bagaimana membangkitkan minat konsumen.
Isu lainnya adalah produk smart home kebanyakan berfokus pada kemampuan remote control, tetapi fungsi itu tidak penting bagi konsumen. Karenanya perusahaan harus membuat hardware dengan nilai-nilai tambah yang menarik permintaan, kata Gao.
Gao juga mencatat bahwa kebanyakan vendor home appliance tradisional tidak mengenal teknologi baru seperti cloud computing dan apps, sehingga mereka harus menghabiskan banyak sumberdaya pada R&D. Karenanya investasi data center back-end sangatlah penting.
Satu lagi yang bisa menjadi penghambat adalah tidak adanya standar yang seragam. Kebanyakan vendor mengembangkan standarnya sendiri-sendiri untuk produk smart home dan mengijinkan perangkat dari merek yang berbeda untuk saling berkomunikasi jika diperlukan

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.