Mau Sepintar IBM Watson? Sewa Saja Sebagian Otaknya

ibm watsonJAKARTA, PCplus – Nama Watson melejit ketika IBM memamerkan kecerdasan buatan sistem komputer tersebut pada ajang game Jeopardy dengan menantang dua pemenang terbesarnya: Ken Jennings, yang menang paling lama, dan Brad Rutter, pemenang uang yang tak terkalahkan. Namun kedua saingan manusia itu dilibas superkomputer IBM. Eh tapi sekarang kamu bisa meminjam otak Watson loh. Tentunya tak gratis.

IBM mengumumkan bahwa Watson Analystics, layanan kognitif berbasis bahasa alamiah yang bisa memberikan akses instan ke powerful predictive and visual analytic tools untuk bisnis, bisa disewa.

“IBM Watson Analytics mengotomatiskan tugas-tugas yang menyita waktu seperti persiapan data, analisis prediktif dan visual storytelling bagi para profesional bisnis. Ditawarkan sebagai layanan freemium berbasis cloud, semua pengguna bisnis sekarang bisa mengakses Watson Analytics dari sebarang desktop atau mobile device,” kata IBM.

Saat ini tercatat lebih dari 22.000 orang sudah mendaftar untuk versi beta. Versi ini menyajikan unified experience dan dialog bahasa alamiah agar para profesional bisnis lebih mudah memahami data. Menurut IBM, orang marketing, HR atau sales akan bisa dengan cepat menemukan sumber data, mengolahnya, menemukan insight, memprediksi hasil, membuat laporan dan banyak lagi.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.