Promosikan UKM, Google Siapkan Layanan Bisnisku

google bisnisku2JAKARTA, PCplus – Siapa sih yang tidak pakai layanan Google saat ini? Rasanya jarang deh. Di antara kamu pasti ada yang menggunakan Gmail, Google Search, Google+, atau Google Maps bukan?

Google, kata Rudy Ramawy (Indonesia Country Head, Google) dalam ajang MarkPlus Conference 2015 di Jakarta tadi siang (11/12/2014), bukan hanya service provider. “Tapi technology enabler,” tutur pria yang bergabung ke Google Indonesia lima tahun lalu itu.

Salah satu produk terbaru Google adalah Google MyBusiness, yang di tanah air dinamai Google Bisnisku. “Diluncurkan pertengahan tahun, grand launch-nya kuartal pertama tahun 2015. Ini untuk membantu pebisnis UKM agar punya presence di Internet,” kata Rudy Ramawy. Ia menceritakan bagaimana beberapa tahun lalu ia kesulitan mencari restoran Padang di Internet. Yang didapat bukanlah nama-nama restoran, tapi hal-hal yang tidak relevan.

Layanan yang sudah lebih dulu meluncur di Australia ini menguntungkan pebisnis UKM. Sebab mereka tidak perlu punya website. “Bisa muncul di Google Search. Servis ini gratis. Langsung terkoneksi ke Google Maps dan Google+, jadi UKM tidak perlu memikirkan web hosting,” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya kemudahan bagi UKM, pengguna Internet di tanah air meningkat. “Potensinya besar, tahun 2015 bisa 100 juta. Tahun ini sudah 80 juta.”

Kalau Bisnisku ditujukan pada UKM, bagaimana dengan enterprise? Tentu ada dong. Namanya Hangout. Juga gratis. Yang ini bisa dipakai untuk mempromosikan merek, kegiatan dan lain-lain, misalnya untuk demo masak seperti yang dilakukan Superindo via YouTune. “Live streaming bisa lewat YouTube,” kata Rudy.

Selain itu juga ada Google+ yang mendukung Hangout. Salah satu penggunanya adalah Toyota agar para konsumennya bisa mudah memilih warna badan mobil maupun jenis ban untuk mobil barunya via Internet. Konsumen juga bisa bertanya dengan expert, misalnya tentang penggunaan oli dan bensin mobil idamannya, dan bahkan melakukan test drive.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.