Ini Dia Rupa Mobil Swa-Kendara Google

google-carJAKARTA, PCplus – Akhirnya muncul juga prototipe mobil swa-kendara (self-driving car) Google yang sesungguhnya. Sejak Mei 2014, Google mengerjakan prototipe yang berbeda-beda untuk mobilnya. Ada bagian yang mirip setir dan sistem rem, ada juga bagian komputer dan sensor. Kini semuanya sudah disatukan dalam sebuah kendaraan yang benar-benar berfungsi.

Google mengatakan akan melakukan pengujian lapangan selama beberapa waktu. Kendali-kendali manual temporer akan digunakan ketika para engineer-nya melakukan pengujian dan pembelajaran.

Google juga masih mencari mitra untuk mobil self-driving-nya ini. Google menyebutkan mobilnya akan sangat basic. Menggunakan 64 laser yang men-scan 360 derajat, sebuah kamera, dan data GPS untuk membuat peta dari sekelilingnya dan berkendara dengan aman. Model-model software dibangun untuk bereaksi terhadap skenario-skenario yang bisa dan tak bisa diprediksi.

“Kendaraan ini akan sangat basic – kami ingin belajar darinya dan mengadaptasinya secepat mungkin – tetapi kendaraan ini akan mengantarkan kamu ke tempat yang kamu inginkan jika tombol-tombolnya ditekan,” kata Chris Urmson, direktur proyek mobil self-driving Google.

“Dan ini adalah langkah penting ke arah peningkatan keamanan jalan dan mengubah mobilitas bagi jutaaan orang. Kami mulai dengan hal yang paling penting: keamanan. Mereka punya sensor-sensor yang meniadakan blind spots dan dapat mendeteksi obyek sampai jarak lebih dari dua lapangan bola di semua arah, yang khususnya berguna di jalan-jalan yang sibuk dengan banyak persimpangan. Dan kami membatasi kecepatan kendaraan pertama ini pada 25mph.”

Mobil-mobil ini jelas juga sederhana bagian dalamnya. Kamu akan mendapatkan sabuk pengaman, ruang untuk kaki, dan beberapa tombol dan sebuah layar untuk menampilkan rute perjalanan.

O ya, Google juga berniat memasukkan OS Android ke dalam mobil sehingga orang tidak perlu mengoneksikan apa pun.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.