Perangkat Keras Pendukung Windows 10

Joe Belfiore, Alex Kipman, Terry MyersonSelain PC, notebook, smartphone, dan tablet, Microsoft juga secara tidak langsung memamerkan perangkat keras pendukung lainnya saat mendemonstrasikan Windows 10. Perangkat keras tersebut menjadi penunjang beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat menggunakan Windows 10. Dengan perangkat keras tersebut, Microsoft berharap pengguna akan mendapatkan pengalaman berbeda saat menggunakan Windows 10. Berikut diantaranya:

Xbox One

xbox-1
Salah satu feature di Windows 10 adalah kemampuannya untuk streaming game Xbox ke perangkat lain seperti komputer, smartphone, maupun tablet. Untuk menggunakan feature ini, tentu saja pengguna mesti memiliki perangkat gaming Xbox One serta aplikasi Xbox di Windows 10. Nantinya pengguna bisa berpindah-pindah perangkat saat memainkan game dari Xbox One. Feature streaming ini memanfaatkan koneksi WiFi. Pengguna juga bisa memanfaatkan kemampuan lain seperti merekam saat sedang memainkan game dan kemudian membaginya ke jejaring sosial. Microsoft juga menjelaskan bahwa beberapa game akan mendukung cross platform yang artinya pengguna PC bisa bermain secara bersamaan dengan pengguna Xbox One.

HoloLens headset

hololens-2
Satu kejutan besar yang dihadirkan Microsoft adalah perangkat Augmented Reality berupa kacamata virtual reality yang diberi nama HoloLens headset. Satu set kacamata berbekal teknologi augmented reality ini digambarkan sebagai ‘the most advanced holographic computer the world has ever seen”. Dengannya, pengguna akan menyaksikan tampilan hologram atau gambar 2D dan 3D yang menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Perangkat ini dirancang untuk berjalan di Windows 10 dengan bantuan aplikasi khusus. Satya Nadella mengatakan bahwa perangkat ini akan ditujukan bagi segmen enterprise serta konsumer. Namun hingga saat ini perangkat tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan versi utuhnya resmi dirilis.

Surface Hub

surface-hub2
Surface Hub merupakan display berukuran besar berbasis layar sentuh yang memiliki resolusi 4K. Tersedia dalam dua ukuran yaitu 55 dan 84 inci, didalamnya  telah terintegrasi pula beberapa feature seperti kamera, spiker, mikrofon, bluetooth, NFC, serta antarmuka layar sentuh sebagai penunjang stylus. Perangkat ini ditujukan bagi para pebisnis dan dihadirkan guna memaksimalkan kemampuan Windows 10, diantaranya dalam melakukan konferensi jarak jauh ataupun presentasi secara digital. Tidak hanya itu, kemampuannya juga bisa dimanfaatkan bagi pengguna yang menggeluti bidang desain grafis dengan membuat sebuah obyek tiga dimensi. Saat mendemokannya, Microsoft tidak menjelaskan lebih detil mengenail spesifikasi serta harga jualnya karena memang belum secara resmi dilempar ke pasaran.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.