Atasi Error 495 di Play Store

error 495Punya smartphone Android memang enak. Ia bandel dan kaya apps. Sayangnya ia juga suka memunculkan error yang aneh-aneh. Misalnya error Cannot Connet To Camera.

Yang juga cukup sering muncul dan bikin frustrasi adalah Error 495, yang bikin kamu tidak bisa mengunduh apps dari Google Play Store. Solusinya mungkin saja mudah, atau sebaliknya rumit. Namun setidaknya ada dua cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi error 495.

Error 495 ini sepertinya tak kenal waktu. Bisa datang seenaknya kendati smartphone belum kamu root atau bahkan sudah di-root. Jika kamu juga mengalaminya, coba kedua cara di bawah ini.

1. Bersihkan Cache dan App Data
Masuklah ke Settings dan tap Apps. Swipe ke tab ‘All’ dan cari Download Manager. Tap Clear Data. Berikutnya, kembalilah ke tab ‘All’ dan cari Google Play Store. Bersihkan cache dan restart perangkatmu. Sekarang seharusnya kamu bisa mengunduh app.

playstore

2. Masalah dengan Jaringan
Apps yang tidak diunduh bisa jadi dikarenakan ada masalah di jaringanmu. Solusi paling mudah adalah pindah operator. Solusi lainnya adalah menggunakan koneksi Wi-Fi, bukan koneksi jaringan operatormu.
Jika ini tidak menyelesaikan masalah, koneksikan ke jaringan Wi-Fi dan reset router-mu. Caranya, tekan dan tahan tombol power beberapa detik sebelum melepaskan tekanan. Nyalakan lagi setelah 30 detik dan restart perangkatmu. Ini biasanya menyelesaikan masalah.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: