Keunggulan Ponsel Jadul Dibanding Smartphone

smartphone-dumbphone
Smartphone atau telepon pintar memang telah mengubah cara manusia dalam berkomunikasi. Tidak hanya itu, perilaku yang diterimapun berbeda dengan telepon genggam generasi sebelumnya. Meski smartphone terlihat lebih canggih, ada beberapa hal yang membuat telepon genggam konvensional atau jadul memiliki kemampuan ataupun keunggulan yang tidak dimiliki oleh smartphone. Tidak percaya? Berikut diantaranya:

Lebih tahan banting
Meski ada beberapa smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur tahan guncangan atau tahan banting, namun tetap saja ponsel jadul masih memiliki daya tahan yang lebih baik. Hal ini membuat pemilik ponsel jadul lebih ‘santai’ dalam menggunakannya.

Baterai yang tahan lama
Menggunakan ponsel jadul, kamu tidak perlu dikuatirkan terhadap seringnya baterai kehabisan daya. Jika kondisi baterai masih prima, daya tahannya bisa digunakan sampai berhari-hari hanya bermodalkan sekali pengisian. Bandingkan dengan smartphone yang lebih boros baterai karena banyaknya fungsi yang menguras daya.

Mengetik lebih mudah
Menggunakan layar sentuh, mengetik menjadi tidak selihai menggunakan tombol fisik. Tidak percaya? Coba kamu lakukan pengetikan dengan mata tertutup, pasti susah bukan. Berbeda dengan ponsel dengan tombol fisik, kamu masih bisa meraba-raba tombol yang dimaksud. Apalagi bagi yang ‘gila’ SMS, mengetik dengan mata tertutup bisa dilakukan dengan cepat.

Lebih nyaman tanpa Autocorrect
Kesalahan mengetik merupakan hal yang biasa terjadi. Namun jika kesalahan tersebut akibat Autocorrect, bisa jadi kata atau kalimat yang kamu maksud akan berbeda dan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Biasanya pengguna lebih pintar
Segala sesuatu yang kamu lakukan berdasarkan apa yang kamu ketahui dan bukannya mendapatkan informasi dari smartphone. Contohnya saat kamu mencari lokasi tertentu, kamu cukup mengandalkan pengetahuan mengenai lokasi tersebut. Dengan smartphone, kamu menjadi selalu tergantung dengan ponsel dan lebih sedikit untuk berusaha mencarinya sendiri. Apalagi jika petunjuk yang ditampilkan ponsel berbeda dengan seharusnya.

Lebih jarang hang
Banyaknya fungsi serta aplikasi yang terpasang bisa membuat smartphone semakin lelet ataupun mengalami freeze. Hal ini tentu mengganggu saat kamu hendak berkomunikasi. Berbeda dengan ponsel jadul yang memang hanya diperuntukkan bagi kebutuhan telepon dan SMS saja, sehingga lebih jarang mengalami freeze atau hang.

Lebih murah
Dengan fitur standar, ponsel jadul memiliki harga yang jauh lebih murah. Hal ini tentu membuat pengguna lebih nyaman menggunakannya dibanding smartphone mahal. Apalagi jika hilang, kamu bisa dengan mudah menggantinya. Namun bayangkan jika memiliki smartphone kelas premium berharga 8 jutaan dan hilang. Dijamin kamu akan menggerutu tanpa henti.

Lebih sedikit teralihkan
Pernahkah kamu melihat seseorang yang memainkan smartphone sambil mengemudi, mengendarai motor, atau berjalan tanpa memperhatikan jalan sekitarnya. Hal ini tentu membahayakan orang lain akibat dari keasikan memainkan smartphone. Sedangkan pada ponsel jadul kamu hanya mendapati fungsi yang lebih sedikit sehingga tidak akan terlalu teralihkan seperti saat menggunakan smartphone.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.