Nvidia Hadirkan Kartu Grafis Single GPU Tercepat

NvidiaHadirkaKartuGrafisSingleGPUTercepat
(Foto: Dok Nvidia)

San Francisco, PCplus – Kamu pernah dengar Nvidia GeForce GTX Titan? Bila belum pernah, tatkala diluncurkan dulu, kartu grafis yang menggunakan Nvidia GeForce GTX Titan merupakan kartu grafis single GPU yang paling cepat. Nah, baru saja Nvidia memperkenalkan GPU terbarunya, GeForce GTX Titan X. Seperti sebelumnya, kartu grafis yang menggunakan Nvidia GeForce GTX Titan X ini diklaim sebagai kartu grafis single GPU tercepat saat ini. Kinerja yang lebih tinggi hanya datang dari varian kartu grafis yang menggunakan dual GPU secara bahu-membahu.

Nvidia GeForce GTX Titan X memiliki CUDA core sebanyak 3072 dan dilengkapi memori GDDR5 sebesar 12GB. Nilai ini lebih tinggi dari Nvidia GeForce GTX Titan yang memiliki 2688 CUDA core dan 6GB GDDR5. Tidak hanya jumlahnya yang lebih banyak, frekuensi kerja CUDA core dan memori lokal itu juga lebih tinggi. Untuk CUDA core naik dari 837 MHz (boost 876 MHz) menjadi 1000 MHz (boost 1075), sedangkan untuk memori lokal naik dari 6 Gbps menjadi 7 Gbps. Adapun lebar jalur memori lokalnya tetap 384 bit. Bagusnya lagi, dayanya tetap di 250 W. GPU baru ini diperuntukkan untuk bermain game pada resolusi 4K dengan pengaturan tinggi dan diklaim telah mendukung DirectX 12 yang akan hadir.

Sejumlah produsen telah menawarkan kartu grafisnya yang menggunakan Nvidia GeForce GTX Titan X, seperti halnya Zotac dan Gigabyte. Zotac meluncurkan ZT-90401-10P, sementara Gigabyte meluncurkan GV-NTITANXD5-12GD-B. Untuk harganya sendiri, Nvidia menetapkan sekitar US$999.

 

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.