Thursday, March 28, 2024
Berita Teknologi

ZTE Siapkan Komunikasi Interaktif Tanpa Membutuhkan Internet

ZTE AliveShareManusia di jaman modern ini semakin tidak bisa lepas dari perangkat mobile. Tapi ketika lalu lintas data tidak lancar, entah karena jangkauan sinyal seluler maupun hal lain, komunikasi bisa terganggu dan berdampak pada turunnya kreatifitas serta produktivitas. Untuk itu, ZTE Corporation, salah satu penyedia telekomunikasi, enterprise dan solusi mobile terkemuka menyiapkan fitur yang ditujukan untuk produktivitas offline, yaitu AliveShare dalam smartphone terbarunya yang akan segera diluncurkan di Indonesia.

AliveShare adalah aplikasi dengan fitur-fitur yang dikembangkan oleh ZTE, dan didasarkan pada teknologi Wi-Fi Direct untuk melakukan transfer berbagai jenis data antar perangkat yang berbeda dengan kecepatan tinggi dan tidak membutuhkan jaringan selular serta data.

“ZTE memahami betul bahwa sebuah smartphone harus bisa menjadi teman dan rekan yang bisa diandalkan kapan saja. Oleh karena itu, kami menghadirkan fitur AliveShare ini,” sebut Fritz Wang, Managing Director of ZTE Handset Business Unit Indonesia.

Berkat teknologi nirkabel terbaru, kecepatan AliveShare bisa mencapai 40 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth. Sebagai contoh, bila menggunakan Bluetooth, satu file lagu format mp3 yang berkisar 5-10MB mampu dikirim dalam hitungan menit, tapi bila menggunakan AliveShare, hanya membutuhkan satu detik.

“AliveShare juga memungkinkan pertukaran pesan singkat dengan pengguna lain, atau dengan sekelompok pengguna AliveShare tanpa ada sinyal 3G maupun 4G,” sebut Frtiz. “Ini bisa sangat berguna bila digunakan di daerah pedesaan contohnya, atau di ruang kantor, di mana penggunaan perangkat seluler dan data sangat dibatasi,” ucapnya.

AliveShare kini memiliki empat fitur utama. Group Chat, aplikasi sejenis messenger, tapi tidak memakan kuota, memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap dan bertukar pesan singkat secara real-time. Versus Gaming, fitur yang memunginkan sesama pengguna bermain catur dan Match-3 tanpa perlu koneksi internet. File/Mutual Sharing, fitur untuk saling bertukar file misal film, aplikasi dan musik dengan kecepatan tinggi, tanpa bergantung kepada lalu lintas data 3G/4G. Dan Change Phone (Data Migration). Fungsinya, bila pengguna baru saja menggunakan smartphone ZTE, dan hendak memindahkan data-data dari ponsel lama ke yang baru, fitur ini akan melakukannya dengan otomatis, cepat dan praktis.

Awalnya, versi perdana AliveShare diujicobakan sebagai fitur pada perangkat ponsel untuk operator China Telecom. Namun hanya dalam satu bulan, aplikasi itu digunakan oleh lebih dari 100,000 pengguna, dan jumlahnya terus meningkat.

Dipa

Penulis pemula yang ingin memahami seluk beluk dunia IT dan gadget.