Akhirnya, Ada Facebook Messenger versi Web yang Mandiri

facebook-messengerJAKARTA, PCplus – Jejaring sosial Facebook telah meluncurkan versi web mandiri dari Messenger-nya. Tadinya Facebook memisahkan Messenger pada perangkat Android, iOS dan Windows Phone dari app utamanya. Jadi kamu yang mau mengunduh app Messenger harus terus menggunakan fitur tersebut.

Nah sekarang, tak usah lagi. Kamu bisa mengakses Messenger dengan langsung menuju ke Messenger.com. Begitu login, kamu bisa langsung menikmati pengalaman messaging di desktop, persis di titik ketika kamu keluar dari app di perangkat mobile-mu. Semua percakapanmu akan ditampilkan selayar penuh. Kamu bisa kirim gambar, stiker, dan jempol ke kontak Facebook-mu.

Tapi kamu tidak bisa merekam dan mengirimkan suara dari desktop ya. Kalau mau update News Feed, kamu juga harus pakai Facebook utama yang ‘lama’. Begitu juga kalau mau lihat profil temanmu. Facebook Messenger cuma punya satu misi: messaging.

Kamu juga bisa membuat panggilan dengan tombol telepon atau video di bar menu kanan atas. Kedua tombol ini akan membuka sebuah antarmuka baru yang mirip Google Hangouts.

O ya, kamu yang pakai Mac juga bisa mengunduh Messenger for Mac yang berasal dari pihak ketiga. Gratis. Kerjanya pun mirip app desktop pada OS X. Cuma app ini tidak resmi dari Facebook, karena merupakan projek open-source dan gratis dari para penggemar Messenger.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer