Seagate Tawarkan Dua Cloud Pribadi untuk Pengguna Rumahan

Seagate Personal Cloud 2-bay
Seagate Personal Cloud 2-bay

JAKARTA, PCplus – Cloud storage bukan sesuatu yang asing bagi banyak di antara kita. Faceboook, Twitter adalah salah satu contoh penggunaan cloud storage umum. Tapi kalau kamu yang pakai komputer di rumah mau cloud storage pribadi bisa juga kok. Seagate baru saja mengenalkan cloud storage seperti itu, yakni Seagate Personal Cloud dan Seagate Personal Cloud 2-Bay.

Apa bedanya ya? Perbedaannya terletak di kemudahan streaming konten ke perangkat mobile: smartphones, set-top boxes, tablet, PC maupun TV via aplikasi Seagate Media. Kalau kamu pakai Seagate Personal Cloud dan aplikasi Seagate Mobile Backup dan Dashboard software, Seagate Personal Cloud juga dapat berperan sebagai perangkat backup terpusat untuk PC, komputer Mac, USB drives, perangkat mobile iOS dan Android-mu.

Untuk memakai Seagate Personal Cloud, kamu cukup terhubung ke wireless router dan mengunduh aplikasi gratis Seagate Media. Maka kamu bisa streaming konten yang ada di perangkatmu ke TV dan perangkat Blu-ray (LG Smart TV produksi tahun 2012 dan setelahnya, Samsung Smart TV dan perangkat Blu-Ray model2012 atau yang memiliki SmartHub), streaming media players: Roku, Google Chromecast dan Apple TV (via Apple AirPlay), smartphones (iPhone, Android) dan tablet (iPad, Android, Kindle, Windows 8/RT). Kamu juga bisa streaming langsung ke perangkat DLNA seperti Sony PlayStation 3 atau versi yang lebih tinggi, dan Microsoft Xbox 360 atau versi yang lebih tinggi.

Kendati berada di luar rumah, kamu tetap bisa mengakses dan berbagi konten di Seagate Personal Cloud-mu. Pakai saja app Seagate Media untuk mencari dan menikmati konten langsung, persis seperti kamu melakukannya saat berada di rumah.

O ya, Seagate Personal Cloud juga bisa diatur agar otomatis melakukan backup terhadap provider populer, termasuk Amazon S3, Box, Baidu, DropBox, Google Drive, HiDrive dan Yandex.Disk, sembari memberikan perlindungan tambahan secara offsite. Sebagai alternatif, ada juga pilihan sinkronisasi di Baidu, DropBox dan Google Drive.

Seagate Personal Cloud juga dirancang untuk dapat mencadangkan konten setiap komputer di rumah secara otomatis dan terus menerus. Untuk PC berbasis Windows dan Mac, software Seagate Dashboard menyediakan solusi terbaik untuk melindungi konten pengguna. Perangkat Personal Cloud juga bekerja sangat mulus dengan perangkat lunak Apple Time Machine.

Nah, kalau kamu mau lebih dari satu cadangan untuk konten-konten penting, pilihlah Seagate Personal Cloud 2-Bay. Yang satu ini dirancang dengan dua internal drive. Ia dapat otomatis menduplikasi semua konten yang disimpan pada satu drive agar bisa dipindahkan ke drive cadangan. Tapi kamu juga bisa merekonfigurasinya menjadi satu storage bervolume tinggi.

Tertarik? Seagate Personal Cloud sudahtersedia di Indonesia dalam kapasitas 3TB (US$ 225) , 4TB (US$ 285), dan 5TB (US$ 339). Sedangkan Seagate Personal Cloud 2-Bay akan tersedia dalam kapasitas 4TB (US$ 379), 6TB (US$ 475) dan 8TB (US$ 589).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: