WhatsApp Dinilai Tidak Aman

PCplusWhatsApp baru-baru ini mendapat predikat sebagai perusahaan teknologi dengan perlindungan privasi paling buruk untuk penggunanya. Predikat ini diberikan oleh The Electronic Frontier Foundation untuk laporannya tahun ini.

Penilaian The Electronic Frontier Foundation (EFF) ini didasarkan pada lima poin yang mengindikasikan berbagai standar yang berkaitan dengan perlindungan data dan privasi para penggunanya. Dan dari poin-poin tersebut, WhatsApp disebut hanya mampu memenuhi satu aspek saja, yaitu dukungan terhadap penolakan pembocoran informasi penggunanya.

Sedangkan untuk aspek-aspek lain, WhatsApp dianggap masih belum mampu memenuhi persyaratan tersebut. Salah satunya adalah penerapan prosedur keamanan yang masih belum memenuhi standar yang digunakan pada industri. Selain itu, WhatsApp juga disebut belum tentu menginformasikan permintaan data oleh pihak lain ke penggunanya.

Selain WhatsApp, AT&T juga dianggap sebagai perusahaan yang tidak aman karena hanya mampu memenuhi satu dari lima aspek yang diperlukan. Soal perusahaan yang paling aman, EFF menyebut Apple, Adobe, WordPress, Yahoo, dan Dropbox sebagai perusahaan teknologi yang mampu memenuhi seluruh standar keamanan untuk melindungi privasi para penggunanya.

Steven Irwandi

.

%d bloggers like this: