Thursday, March 28, 2024
Berita Teknologi

Amiga Rayakan Ultah ke 30

amiga_500JAKARTA, PCplus – Ada yang tahu atau pernah dengar Amiga Commodore? Amiga adalah komputer pertama untuk dipakai bermain di kamar.

Tahun 1985, Amiga meluncurkan model A1000 dengan RAM 512MB dan sound track Dire Straits’ Brothers in Arms dan penyatuan kembali Mick Jagger dan David Bowie. Ketika itu RAM 512MB Amiga dan palette warnanya yang besar membuatnya populer.

Namun sistem ini baru benar-benar melejit dengan kehadiran Amiga 500, yang terjual 6 juta unit di seluruh dunia. Amiga 500 adalah mesin hobbyst dan surga bagi gamer, di era TV dan tape cassette. Kemampuannya menghadirkan suara, penggunaan disk drive dan graphical gaming membuatnya menjadi sesuatu yang wajib dimiliki di kamar tidur.

Amiga bertumbuh bersama mesin-mesin saingannya, seperti Atari ST. ST adalah komputer pertama yang memamerkan RAM 1MB. Atari mencapai usia 30 tahun Juni lalu.

Namun waktu terus berlalu dan Nintento Entertainment System mulai merebut hati konsumen. Amiga pun ditinggalkan. Tahun ini, Amiga mencapai usia 30 tahun. Pencapaian usia 30 tahun ini telah dirayakan besar-besaran di Computer History Museum di Mountain View, California. AS pekan lalu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer