Lenovo Perbesar Penetrasi Pasar PC dengan SIAP MAJU

President Director Lenovo Indonesia Rajesh Thadani
President Director Lenovo Indonesia Rajesh Thadani

 JAKARTA, PCplus – Pasar komputer di seluruh dunia sedang lesu. Penjualan dan juga marginnya terus merosot, tergerus oleh tablet dan smartphone. Kondisi di Indonesia pun tak beda.

Diungkapkan oleh Rajesh Thadani (President Director, Lenovo Indonesia),  penjualan PC sampai kuartal pertama 2015  (Juli) turun 3,6%. Kuartal per kuartal, penjualan PC turun 19,2 poin, atau 11,1 poin tahun per tahun. Sementara itu tablet justru bertumbuh.

Di 10 kota besar di Indonesia, tutur Thadani, Lenovo sudah menguasai 20% pangsa pasar. Namun di kota-kota lain (sekunder), penguasaannya masih di bawah 10%. “Tapi ini akan menjadi yang bertumbuh besar. Karena itu Lenovo mau investasi di sini dengan kampanye SIAP MAJU untuk first time buyer: mahasiswa, mereka yang baru saja lulus sampai karyawan baru,” kata Thadani.

ki-ka: Diantika (Consumer Marketing Lead, Lenovo Indonesia), Rajesh Thadani (President Director, Lenovo Indonesia), Felix Ignatius Tanumihardja (Consumer Product Lead, Lenovo Indonesia) dan Yohan Wijaya (Intel Indonesia) memperlihatkan dua produk yang tercakup dalam program Lenovo SIAP MAJU
ki-ka: Diantika (Consumer Marketing Lead, Lenovo Indonesia), Rajesh Thadani (President Director, Lenovo Indonesia), Felix Ignatius Tanumihardja (Consumer Product Lead, Lenovo Indonesia) dan Yohan Wijaya (Intel Indonesia) memperlihatkan dua produk yang tercakup dalam program Lenovo SIAP MAJU

SIAP MAJU adalah program penjualan PC Lenovo ideapad 100 dan Yoga 300 yang menyasar kaum millenial , mulai dari mahasiswa, mereka yang baru tamat perguruan tinggi sampai karyawan baru. Kepada mereka akan ditawarkan program pembelian kedua model PC tersebut melalui perusahaan pendanaan. Mereka juga bisa mendapatkan inspirasi untuk sukses melalui ajang berbagi  pengalaman dengan sejumlah tokoh muda yang dihadirkan Lenovo, seperti Yukka Harlanda yang memproduksi sepatu pria merek Brodo, dan Alanda Kariza yang banyak memberikan workshop tentang daur ulang dan pencegahan pemanasan global.

“Lebih dari 90% kota-kota sekunder lebih menyukai pasar entry level dan mainstream,” kata Thadani tentang pemilihan dua produknya. Melalui program SIAP MAJU, tegas Thadani, Lenovo ingin mendorong penetrasi PC untuk menggerakkan pertumbuhan PC di Indonesia. “Strategi Lenovo adalah ekspansi ke kota-kota sekunder untuk meningkatkan penetrasi PC. Penetrasi PC baru 4%, terlalu rendah. Dan dari kota-kota sekunder akan datang pertumbuhan yang besar,” kata Thadani optimis.

Ada 14 kota sekunder yang tercakup dalam program SIAP MAJU, yaitu  Padang, Pekan Baru, Jambi, Batang, Lampung, Denpasar, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, Banjarmasin, Balikpapan, Palu, Manado dan Papua.

Lenovo ideapad 100
Lenovo ideapad 100

O ya, ideapad 100 adalah notebook ramping dengan layar 15,6″ dengan OS Windows 8.1 Bing. Berbobot 2,3kg, ideapad 100 dikemasi prosesor Intel BayTrail M N2840 dan hard disk 500GB. “Ada numerik keypad untuk hitung-hitung,” kata Felix Ignatius Tanumiharja (Consumer Product Lead, Lenovo Indonesia) tentang produk seharga 3,699 juta. Tapi kalau kamu lebih murah, tersedia versi OS DOS dengan harga Rp 3,499 juta.

Sementara Yoga 300 adalah tablet layar sentuh LED HD 11,6″ dengan OS Windows 8.1 Bing dan fitur Dolby Home Theater. Layar tablet dengan prosesor Intel Celeron dual-core N2840 dan RAM DDR3 4GB dan hard disk 500GB ini bisa diputar 360 derajat. Dengan keempat modanya – laptop, stand, tent dan tablet – Yoga 300 menjadi multifungsi. Lenovo menyebutkan, baterai tablet berbobot 1,1kg ini bisa bertahan sampai 5 jam pemakaian. Eh hampir lupa, Yoga 300 ditawarkan Rp 5,099 juta

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer