Sip, Evercoss One X Bisa Di-upgrade ke Android 6.0 Marshmallow 

android 6.0 marshmallowJAKARTA, PCplus – Versi OS Android terbaru adalah  Android 6.0  Marshmallow. Biasanya sih, smartphone terbaru akan langsung disemati OS ini. Namun kamu tak harus selalu membeli smartphone baru jika mau mencicipi Android Marshmallow.

Pakai smartphone yang ‘lama’ seperti Evercoss One X yang harganya Rp 1,2 jutaan juga bisa. Kamu tinggal meng-upgrade OS-nya dari 5.1 Lollipop ke 6.0 Marshmallow. Jika ini kamu lakukan, kamu akan melihat jenis font dan menu aplikasi yang baru.

Yang menyenangkan adalah fitur optimasi baterai bernama Doze. Fitur ini akan mengelola daya baterai Evercoss One X. Doze otomatis akan mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang jika smartphone yang dalam kondisi siaga  tidak dipakai dalam waktu lama. Hasilnya, baterai akan lebih awet.

Isu privasi pun kini bisa dijaga lebih baik berkat peningkatan fitur App Permission. Kini app pihak ketiga  tidak bisa begitu saja mengetahui informasi lokasi, foto, sampai daftar kontak. Jika ingin mengetahui informasi pengguna, app pihak ketiga ini wajib memunculkan notifikasi dan meminta izin. Kamu bisa menolak atau menerima permintaan akses informasi lokasi itu.

Aplikasi pihak ketiga yang berhubungan dengan kamera juga tidak lagi bisa seenaknya mengambil informasi lokasi pengambilan gambar yang kamu potret.  Aplikasi tersebut harus meminta izinmu untuk bisa mengakses lokasi.

Fitur kemamanan lainnya adalah scanner  sidik jari yang siap mengoptimalkan keamanan pada fitur Android Pay dan data-data yang tersimpan pada One X. Fitur Android Pay adalah fitur yang paling diunggulkan. Teknologi pembayaran digital dengan koneksi Near Field Communication (NFC) ini sudah sepenuhnya berjalan lancar pada OS Marshmallow.

Kamu juga bisa menikmati aplikasi Google Now. Aplikasi tersebut memberikan beragam informasi lewat perintah suara. Di Evercoss One X, kamu bisa mengaktifkan  fitur ini dengan menekan tombol home agak lama. Setelah itu kamu bisa melakukan pencarian informasi melalui perintah suara.

Menarik bukan? Nah kamu yang punya Evercoss One X, silakan upgrade OS-nya ke Marshmallow. Kamu akan otomatis menerima notifikasi di layar kunci One X ketika smartphone-mu siap diperbarui OS-nya. Ketuk notifikasi itu, atau lakukan pembaruan sistem secara manal. Nantinya, kamu bisa langsung melakukan update dengan memilih Unduh.

O ya, kalau mau mengunduh sebaiknya gunakan koneksi Wi-Fi. Sebab data yang diunduh gede: 338,1MB. Usai mengunduh, pilih Mulai Ulang & Pasang. Nanti smartphone One X akan melakukan restart untuk memasang sistem Android terbaru. Prosesnya bisa berlangsung cukup lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer