Dibekingi Lenovo, Zuk Z1 Masuk Pasar Smartphone Indonesia

zuk z1JAKARTA, PCplus – Daftar merek smartphone 4G yang beredar di tanah air masih terus bertambah panjang. Awal Desember ini masuk satu pendatang baru, yakni Zuk Z1.

Asing dengan merek Zuk? Jangan heran. Zuk memang merek baru di dunia ponsel. Perusahaannya baru berdiri tahun ini, tepatnya bulan April lalu. Sedangkan merek Zuk sendiri lahir bulan Mei 2015. Z1 menjadi smartphone perdana Zuk dan diperkenalkan pertama kali ke dunia pada Agustus 2015.

Bulan ini, Zuk Z1 resmi masuk pasar Indonesia melalui situs belanja onine Blibli.com. Eh kok berani masuk ke tanah air? Ini, jelas Jin Chen (Chief Marketing Officer, Zuk), karena mereka menganggap Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna smartphone yang sangat banyak, “Kami berharap bisa diterima di Indonesia dan juga Asia Tenggara,” kata Chen dalam acara peluncuran di Jakarta (7/12/2015).

Kendati tergolong berusia sangat muda di jagat ponsel dunia dan juga di Indonesia, Chen optimis smartphone-nya akan laris manis. Saat diluncurkan di Tiongkok, ungkap Chen, Zuk Z1 mencatatkan jumlah pesanan yang tinggi, 500 juta unit. Sebelum dibawa ke Indonesia, Zuk Z1 sudah diluncurkan di Dubai (26 Oktober), dan Berlin (30 Oktober).

Keyakinan Chen juga didasari oleh adanya dukungan nama Lenovo di belakang merek Zuk. Ya, Lenovo memang berinvestasi di perusahaan produsen ponsel yang berbasis di Hongkong ini. Jadi selain menjual smartphone dengan mereknya sendiri (Lenovo), perusahaan asal Tiongkok Lenovo juga menjajakan ponsel dengan merek Motorola (yang merupakan hasil akuisisi), dan sekarang merek Zuk.

“Target pasarnya berbeda dengan Lenovo. Kami menyasar pengguna yang lebih muda (usia dibandingkan pengguna smartphone Lenovo). Mereka yang menggunakan ponsel untuk melakukan segala hal,” terang Chen.

Salah satu keunggulan Zuk Z1, sebut Alex Wu (Overseas Sales Manager of Zuk), adalah kapasitas baterainya yang besar, 4100mAh.

Lalu apakah Zuk yang dibekingi Lenovo itu akan bisa merebut pasar Indonesia? Kita tunggu saja.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: