Hebat, Overclocker Indonesia Dominasi Lomba Dunia Live Overclock di AS

overclock winnerJAKARTA, PCplus – Jelang akhir tahun, ada kabar membanggakan datang dari ajang kompetisi dunia Live Overclock Kingston HOT di Fountain Valley, California, AS. Indonesia, yang diwakili oleh Alva Jonathan (nickname: Lucky_n00b), menjadi juara pertama. Juara ketiga pun jatuh ke tangan Indonesia melalui Hasan Jadid (Hazzan)

Alva menjadi orang Asia pertama yang berhasil memenangkan kejuaraan dunia overclock bergengsi ini di Amerika Serikat. Ia mengalahkan 9 peserta final lain dari Amerika Serikat, Brazil, Argentina, Polandia, Italia, Afrika Selatan, termasuk rekannya setanah air.

Lomba overclock Kingston HOT dibagi dalam tiga sesi dan pemenangnya ditentukan dari skor kumulatif dari ketiga sesi. Alva berhasil meraih peringkat dua dalam sesi 1, peringkat tiga dalam sesi 2, dan peringkat dua dalam sesi 3. Dari keseluruhan lomba, nilai Alva paling tinggi, jauh meninggalkan peserta Polandia yang merupakan juara dua tahun berturut-turut.

Eh kurang dari seminggu sebelum ajang Kingston H.O.T, Alva menjadi juara ketiga  lomba overclock dunia lain, yakni Galaxy GOC di Wuhan, Tiongkok. Siapa sih Alva Jonathan? Dikenal dengan nickname Lucky_n00b, Alva lahir di Jakarta pada 2 Januari 1986. Ia memulai debutnya di dunia overclocking saat masih duduk di bangku SMP, sekitar awal tahun 2000-an.

Tahun 2008, pria yang kini menjadi overclock profesional itu menjuarai MSI Overclocking Arena di Taipei, Taiwan. Tahun 2013 ia  menjuarai Galax Overclock Carnival di Tiongkok. Tahun 2015, Ia menjuarai HWBOT World Tour Asia 2015 di Taipei, Taiwan. Saat ini Alva merupakan salah satu overclocker terbaik di Indonesia. Ia juga aktif  mendorong lahirnya overclocker-overclocker baru di Indonesia dengan menggelar berbagai seminar dan lomba untuk overclocker pemula.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer