MateBook, Perangkat 2-in-1 dari Huawei

 

huawei matebookBARCELONA, PCplus – Huawei punya perangkat 2-in-1 loh. Namanya MateBook. Dikenalkan di ajang Mobile World Congress 2016, perangkat convertible premium dengan layar IPS 12” ini mengintegrasikan mobilitas, efisiensi tinggi, pekerjaan serta hiburan.

Huawei, kata  Richard Yu (CEO, Huawei Consumer Business Group), ingin menunjukkan desain yang terkemuka di industri serta keahlian manufaktur dengan membawa produk unggulan yang dibuat dengan indah ke pasar yang mendefinisikan kembali gaya baru untuk bisnis – menghubungkan komputasi di semua perangkat di hampir setiap skenario.

MateBook hadir bebas kipas sehingga tidak bising saat dipakai. Badannya tipis bak smartphone tetapi kinerjanya adidaya bak laptop. Dengan badan unibody alumunium, MateBook terlihat elegan dan canggih, tapi ringan dengan bobot 640 gram. Ia dipersenjatai prosesor Intel Core generasi ke-6 m-series dan Windows 10, Microsoft Office, RAM LPDDR3 sampai 8GB dan solid state hard disk sampai 512GB.

Layar multitouch IPS MateBook lebar, 12” dengan resolusi 2160×1440 dan sudut pandang 160 derajat. Rasio layar terhadap badannya 84%. Sedangkan color gamut-nya mencapai 85%, mampu menampilkan warna senyata aslinya.  

Urusan keamanan ditangani dengan fitur pengenalan sidik jari yang mendukung identifikasi sensitif 360 derajat untuk kegagalan otentikasi yang lebih sedikit. Hanya dibutuhkan satu sentuhan untuk membuka layar MateBook ini – pengenalan sidik jari tercepat di industri.

Bagaimana dengan baterai? Baterai Lithium 33,7Wh diklaim mampu bertahan sampai 9 jam kerja, 9 jam penggunaan Internet nonstop dan 29 jam memutar musik. Kalau perlu menghemat daya, ada teknologi penghemat daya khas Huawei. O ya, baterainya bisa diisi penih dalam wakt 2,5 jam. Andai tak bisa menyediakan waktu selama itu, kamu bisa mengecasnya sampai 60% dalam waktu 1 jam.

Eh kalau perlu menulis dengan pena, ada MatePen yang mendukung 2048 tingkat sensitivitas. MatePen mendukung grafis dan fungsi matematika, dan dapat digunakan sebagai pointer laser untuk menyampaikan presentasi.

Keyboard case MateBook terbuat dari bahan ramah lingkungan, kulit PU yang lembut, pilihan yang sempurna untuk mencocokkan gaya dengan fungsi. Daya tahan keyboard case juga memberikan tingkat perlindungan yang ideal. Keyboard ini memiliki keystroke 1,5mm  dan desain chiclet keycap, yang memungkinkan untuk permukaan tombol yang lebih besar guna meminimalkan kesalahan pengetikan. Built-in touchpad menggunakan teknologi multi-touch yang mendukung gerakan jari halus dan tepat, menggabungkan kenyamanan dan kegunaan. 


Huawei MateBook akan tersedia di Asia, Eropa dan Amerika Utara dalam beberapa bulan mendatang. Kamu bisa memilih dari dua warna: abu-abu atau golden. Perkiraan harganya dimulai dari US$ 699 untuk Intel Core m3,  RAM 4GB dan SSD 128GB sampai US$ 1599 untuk Intel Core m7, RAM 8GB dan SSD 512GB.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: