Fira OS, Android Cita Rasa Lokal untuk Ponsel Lokal

 

fira osJAKARTA, PCplus – Ada banyak merek ponsel beredar di tanah air. Mau yang buatan luar atau buatan (baca: rakitan) lokal, semua ada di sini. Namun menurut Roberto Hartono (Direktur, Fira OS), banyak ponsel yang tidak dibuat untuk pasar Indonesia. “Cenderung membingungkan pengguna pada umumnya,” kata Roberto.

Beralasan itulah, Polytron selaku produsen ponsel lokal menghadirkan OS yang dibuat khusus untuk pengguna di tanah air. Namanya Fira OS. OS lokal ini langsung disematkan di smartphone terbaru Polytron, yakni Zap 6. “Ini integrasi antara hardware dan software, layanan yang bisa langsung dipakai,” kata Roberto.

Apa sih bedanya dengan OS Android milik Google atau Android dari vendor lain? Fira UI, klaim Roberto, memiliki antarmuka yang indah dengan user experience yang baik. Yang membuatnya berbeda adalah sejumlah fitur yang dibuat khusus untuk konsumen Indonesia.

Yang pertama adalah terintegrasi fitur Check Pulsa untuk mengetahui sisa pulsa. Selain itu ada Smart Calling untuk memberikan notifikasi ketika ada panggilan masuk sementara ponsel sedang digunakan untuk aktivitas lain.

Fitur lainnya adalah Smart directory. Yang satu ini memudahkan pencarian alamat dan nomor telepon. “Tidak perlu simpan kontak ke memori lokal. Nomor telepon kalau disentuh bisa langsung nelepon. Alamat dikasih koordinat peta,” jelas Roberto.

Fira Store, fasilitas untuk membeli token listrik, pulsa elektrik dan game voucher yang tertanam dalam OS Fira
Fira Store, fasilitas untuk membeli token listrik, pulsa elektrik dan game voucher yang tertanam dalam OS Fira

Fitur keempat adalah Fira Store yang dipakai untuk membeli token listrik, pulsa elektrok maupun game voucher. Sedangkan untuk bertransaksi tersedia Fira Pay. “Yang ini bekerjasama dengan Veritrans. Bayar via kartu kredit. Nantinya akan ditambahkan e-cash, juga dari provider lain,” janji Roberto.

Sementara itu untuk memudahkan akses semua fitur yang ada melalui satu akun tersedia Fira ID.

Yang menarik, khususnya bagi penggemar tayangan sepak bola, adalah FiraTV. “Akan diluncurkan bekerjasama dengan Super Soccer TV, 24 jam. Hanya tersedia di smartphone Polytron yang baru. Enam bulan gratis streaming dengan Fira ID,” kata Roberto.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer