Kampanye tak Lazim ala Kaspersky

 

cd kaspersky labJAKARTA, PCplus –  Semua perusahaan sekuriti selalu mengingatkanmu untuk menggunakan password yang baik saat membuka akun penting, khususnya yang terkait dengan info keuangan. Ini termasuk saat kamu belanja online, baik dengan melakukan pembayaran transfer secara online di situs bank atau memakai rekening bersama (rekber). Tujuannya, agar nomor akun bank, data kartu kredit dan data-data pribadimu tidak diintip orang dan kelak dimanfaatkan tanpa kamu ketahui.

Nah, terkait dengan penggunaan password sebagai pengaman, ada kampanye tak lazim dari Kaspersky Lab. Perusahaan sekuriti ini menyarankan kamu untuk secara berkala mengganti password. Yang unik, dalam promo terbarunya Kaspersky Lab menggunakan analogi (maaf) pakaian dalam.

Tak tanggung-tanggung, untuk kampanye terbarunya ini Kaspersky Lab bahkan menjalin kerjasama dengan perusahaan pakaian dalam pria Dago Bear untuk mengeluarkan  celana boxer khusus yang diedarkan secara terbatas. Di kemasan kertas coklat pakaian dalam itu tertulis “change often, share w/ no one kas.pr/changeoften”.

Loh apa sih maksudnya? Maksudnya, jelas Sanjeev Nair (Corporate Communication Manager, SEA, Kaspersky Lab) dalam jumpa pers di Jakarta (29/3/2016), password harus diganti sesering mungkin seperti kita mengganti pakaian dalam, alias CD. Dan seperti halnya pakaian dalam, password sebaiknya tidak dibagi-pakai dengan siapa pun.

Eh tapi seperti apa sih password yang baik? Password yang baik adalah password yang tidak mudah ditebak. Jadi jangan pakai nama istri, anak, hewan kesayangan, tanggal lahir, atau nomor teleponmu ya. Disarankan sih untuk menggunakan password yang di dalamnya tidak hanya berisi huruf besar dan huruf kecil, tapi juga angka atau karakter khusus.

Nair mencontohkan penggunaan kalimat sebagai password, tetapi dengan karakter tertentu dan tambahan alamat e-mail yang kamu punya. Misalnya password-nya adalah ilovekaspersky, maka kamu bisa menggantinya menjadi [email protected][email protected] atau [email protected][email protected], atau IloveKaspersky.

Susah ditebak bukan? Tapi mungkin juga susah diingat, apalagi kalau sudah diganti-ganti. Agar password yang diganti-ganti lebih mudah diingat, Dony Koesmandarin (Territory Channel Manager Kaspersky Lab SEA Indonesia) memberikan trik lain. “Buat misalnya  5 – 10 kombinasi password dan gunakan satu setiap bulan, dan dirotasi  pemakaiannya,” usulnya.  

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer