Thursday, May 2, 2024
TrikTutorial

(lagi) Trik WhatsApp

Masih ada sejumlah trik WhatsApp lain yang bisa membuat aktivitas WA-mu makin menyenangkan. Inilah enam di antaranya. Silakan dipraktekkan!

Sembunyikan Notification Preview dari Pesan

 

notifikasi wa

 

Malu deh kalau ada teman yang baca pesan-pesan pribadimu karena notifikasi di WhatsApp. Untungnya WhatsApp on iPhone memungkinkan kamu menyembunyikan notification preview dari pesan. Untuk menyembunyikan notification preview dari pesan, pilih Settings->Notifications dan matikan “Show Preview“.

Sayangnya WhatsApp on Android tidak memungkinkan kamu mematikan preview pesan. Namun kamu bisa mematikan notifikasi dengan masuk ke Settings->Apps->WhatsApp->Notifications dan memilih “Block all”. Hmm, tapi ini akan membuat semua notifikasi dari WhatsApp raib ya.

 

 

Baca Pesan tanpa Online

Adakalanya kita ingin melihat pesan tertentu, tetapi kita tidak mau online. Bisa kok dan caranya mudah.

Setelah pesan masuk, matikan saja Mobile Data atau aktifkan Airplane mode di handset-mu, lalu buka WhatsApp dan baca pesan tersebut. Setelah selesai, kembalilah ke homescreen dan hidupkan kembali Mobile Data.


Blokir Kontak

blokir wa

Kadang-kadang ada orang yang bikin kamu jengkel dan rasanya mau kamu keluarkan dari akun WhatsApp-mu. Hmm, untuk ini kamu bisa pakai opsi untuk memblokir kontak.

Di Android, kamu bisa memblokir sebuah kontak dengan masuk ke thread chat-nya dan men-tap simbol tiga-titik. Berikutnya, pilih More->”Block”.

Di iPhone, masuklah ke chat thread orang yang mau kamu blokir, lalu masuk ke Contact Info denga men-ta[ nama/nomor orang tersebut. Kemudian gulung ke bawah dan tap “Block this Contact”.

gb;  blokir wa

Mengarsip Obrolan

archive chat wa

 

Tidak mau menghapus sebuah thread obrolan tapi tidak ingin melihatnya lagi? Ah, jadikan arsip saja.

Di smartphone Android, tekan dan tahanlah pada satu obrolan dan kamu akan mendapatkan opsi “Archive chat”. Kalau di  iPhone, kamu tinggal geser kiri pada sebuah obrolan dan opsi “Archive” akan muncul.


Bungkam Groups dan Notifikasi

 

mute wa

Groups di WhatsApp memang enak untuk mengirim pesan ke banyak orang sekaligus, tetapi kadang-kadang bikin jengkel. Pesan-pesan yang masuk tak kenal waktu mengganggu waktu istirahat. Untung ada opsi untuk membisukan grup, juga menghentikan notifikasi.

Untuk bikin grup bisu, masuklah group info dan pilih Mute. Kamu bisa memilih membisukan grup selama 8 jam, satu minggu, atau bahkan satu tahun.

Di Android, kamu punya opsi untuk mematikan” “show notifications” ketika membuat sebuah grup bisu. Namun di iPhone, kamu cuma bisa membuat bisu sebuah group chat.

Cek Apakah WhatsApp Terkoneksi atau tidak

 

koneksi wa

 

Saat roaming di lokasi yang jaringannya jelek, kamu mungkin bermasalah dengan notifikasi WhatsApp. Ini terjadi ketika WhatsApp tidak bisa terkoneksi. Untuk memastikan apakah WhatsApp di ponselmu online atau tidak, cek di System Status.

Untuk mengecek apakah WhatsApp bekerja dengan baik atau tidak, masuklah ke Settings->Help->System Status. Kamu akan melihat pesan yang menyebutkan apakah layananmu beroperasi dengan normal atau tidak.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer