Akhirnya, Bisa Tarik Pulang Pesan di App Yahoo Messenger Desktop

ymJAKARTA, PCplus – Pernah mengirim pesan yang kemudian kamu sesali pernah kamu tulis? Jika ya, Yahoo bisa membantumu. Perusahaan ini telah merombak app Messenger-nya yang tersedia untuk desktop Windows dan Mac.

Austin Showmaker (Senior Director of Product Management) mengatakan, “Dengan notifikasi desktop Messenger, kamu bisa multitasking di komputermu tanpa penah kuatir apakah melewatkan  pesan penting dari keluarga, teman atau rekan kerja.”

Desember lalu Yahoo meluncurkan ulang app mobile Messenger-nya. App ini secara khusus didesain ulang dengan memikirkan group chats. Kamu yang pakai Yahoo Messenger bisa me- “like” sebarang komentar, foto, atau GIF. Ini pasti berguna ketika saat grupmu melakukan voting ke mana akan makan siang hari ini dengan cara memilih ‘like’.

Kamu juga bisa mengekspresikan emosi melalui library GIF yang diambil dari Tumblr. Yahoo Messenger juga punya sistem kontak yang dimotori oleh Xobni. Kamu bisa menambahkan kontak ke grup tertentu, misalnya “Family” atau “Coworkers”.

Namun fitur mutakhir Yahoo Messenger adalah tombol “unsend”. Kamu sekarang bisa menarik pulang sebarang pesan, foto atau GIF. Tapi ada pengecualian juga ya. Notifikasi dari sebuah pesan baru tidak bisa kamu tarik pulang. Mereka yang memperhatikan notifikasinya akan tahu kalau kamu sudah menghapus  sebuah pesan. Jika seorang teman menerima sebuah pesan dan ia offline sebelum sebelum pesan itu ditarik kembali, ia akan tetap bisa melihatnya ketika ia online lagi.

Yahoo menyarankan para penggunanya untuk menarik pulang pesan-pesan sesegera mungkin. Yahoo juga mewanti-wanti bahwa ia mungkin menyimpan salinan dan catatan untuk keperluan audit dan rekaman sesuai undang-undang yang berlaku.

O ya, tombol “unsend” juga tidak akan berfungsi pada kontak-kontakmu yang menggunakan versi lama dari Yahoo Messenger. Namun tanggal 5 Agustus mendatang, ini tidak akan menjadi masalah lagi. Sebab per tanggal tersebut,. Yahoo Messenger App ‘lama’ tidak akan berfungsi lagi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer