Lawan Ransomware, Sophos Luncurkan Sophos Intercept X

sophos

Sophos (salah satu penyedia keamanan jaringan dan endpoint), baru saja meluncurkan Sophos Intercept X. Ini merupakan produk keamanan endpoint generasi baru yang dapat menghentikan zero-day malware, varian eksploitasi yang tidak teridentifikasi, serangan siluman, serta dilengkapi fitur anti-ransomware canggih. Fitur anti-ransomware ini diklaim dapat mendeteksi ransomware (yang sebelumnya tidak teridentifikasi) hanya dalam hitungan detik. Sophos Intercept X dapat diinstal bersama perangkat lunak keamanan endpoint dari vendor lain.

Sophos Intercept X menggabungkan empat komponen keamanan penting yang diharapkan ada oleh setiap administrator TI dalam sebuah produk perlindungan endpoint generasi terbaru. Keempat fitur ini adalah:

  1. Deteksi Ancaman Tanpa Jejak dan Eksploitasi (Signatureless Threat and Exploit Detection). Pertahanan anti-malware dan anti-hacker yang memblokir zero-day, serangan tidak dikenal dan serangan yang menyasar memori, serta berbagai varian ancaman, tanpa perlu pemindaian file.
  2. CryptoGuard: Inovasi anti-ransomware yang mengidentifikasi dan menghentikan aktivitas enkripsi berbahaya, memblokir ransomware sebelum beraksi, serta dapat mengembalikan file yang terenkripsi ke kondisi sebelumnya.
  3. Analitik Penyebab Akar Masalah (Root Cause Analytics). Analisis visual 360 derajat dari sebuah peristiwa serangan yang menunjukkan dari mana serangan itu datang, bagian mana yang terdampak, di mana ia mungkin telah berhenti dan rekomendasi tindakan untuk mencegah serangan serupa di masa depan.
  4. Sophos Clean. Ini merupakan sebuah utilitas yang ampuh untuk memburu dan menghapus semua jejak spyware dan dan malware yang membandel.

Produk ini dapat diinstal dan dikelola dari jarak jauh melalui konsol manajemen berbasis komputasi awan, Sophos Central. Hal ini memungkinkan administrator untuk mengontrol dan mengkonfigurasi pengaturan, mendistribusikan lisensi, menambahkan endpoint baru dan melacak semua aktivitas. Selain itu, panel tunggal dari dashboard dirancang untuk partner/mitra Sophos yang menampilkan semua layanan Sophos Central. Tujuannya, menyediakan perlindungan pelanggan yang lebih baik dan menawarkan peluang untuk terus memperoleh pendapatan tambahan bagi mitra Sophos.

Platform keamanan terintegrasi dari Sophos Central sendiri memiliki tiga komponen inti, yakni Sophos Central -Admin, Sophos Central – Partner, dan Sophos Central – Self Service.

  • Sophos Central – Admin, sebelumnya dikenal sebagai Sophos Cloud, memungkinkan administrator TI untuk mengelola semua produk Sophos yang digunakan dalam satu konsol termasuk endpoint, server, mobile dan web, dengan e-mail dan manajemen nirkabel yang akan segera hadir.
  • Sophos Central – Partner, sebelumnya dikenal sebagai “dashboard partner” memungkinkan partner/mitra Sophos untuk mengelola lisensi Sophos, mengidentifikasi dan melacak peluang cross-sell atau up-sell dengan laporan yang mudah digunakan. Perkakas ini juga memungkinkan partner untuk mengelola produk pengguna akhir dari jarak jauh, tanpa perlu bagi partner untuk melakukan perjalanan ke lokasi pelanggan.
  • Sophos Central – Self Service, diluncurkan akhir tahun ini, akan memungkinkan pengguna akhir dalam sebuah organisasi untuk mengelola e-mail yang dikarantina, Bring Your Own Devices (BYOD), serta konfigurasi aman access point nirkabel dan hotspot.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.

%d bloggers like this: