Thursday, April 18, 2024
Baru TerbitEvent

Tokopedia Raih Posisi Kedua Kompetisi Hackathon Dunia

Tim Tokopedia saat melakukan presentasi di Sequoia Hack 2016.
Tim Tokopedia saat melakukan presentasi di Sequoia Hack 2016.

Tim Tokopedia berhasil meraih posisi kedua dalam ajang Sequoia::Hack di India baru-baru ini. Sequoia::Hack sendiri merupakan ajang kompetisi hackathon tahunan yang diselenggarakan oleh Sequoia Capital, investor di balik suksesnya kelahiran raksasa internet dunia seperti Google, Instagram hingga WhatsApp. Di ajang ini, tim Tokopedia menghadapi sekitar seratus tim yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

“Suatu kebanggaan bagi kami. Anak Indonesia sekaligus Nakama (karyawan Tokopedia, red.) lagi-lagi mendapat kesempatan berlaga di panggung dunia dan pulang membawa prestasi,” ujar William Tanuwijaya (CEO Tokopedia) dalam siaran persnya.

Salah satu anggota tim yang dikirim ke Sequoia::Hack 2016 Christian Daniel di sisi lain menjelaskan bagaimana kesannya berada di tengah kompetisi hackathon. Menurutnya, kolaborasi ini dilakukan oleh sekelompok orang dan berlangsung hanya dalam waktu beberapa hari dan seringkali melahirkan berbagai inovasi dalam bentuk software yang otomatis berkontribusi pada kemajuan teknologi dunia. “Kami banyak melihat berbagai teknologi yang belum pernah kami jumpai sebelumnya. Ada juga peserta yang baru berusia 12 tahun dan sudah mengikuti kompetisi hackathon; sangat mengagumkan. Tentu kami bisa belajar banyak hal dari sana,” ungkap Christian.

William menyatakan bahwa pihaknya berharap Nakama yang mendapat kesempatan mengikuti Sequoia::Hack 2016, ketika nantinya pulang bisa membagi ilmu yang mereka dapat di sana. “Karena di Tokopedia kami percaya bahwa berkembang menjadi manusia yang lebih baik adalah tugas tanpa akhir yang hanya dapat dicapai dengan ketulusan berbagi seperti seorang guru dan keinginan untuk terus belajar seperti seorang murid,” katanya lagi.

 

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.