Inilah Aneka Tip Praktis Instagram

instagram1_

Sering menggunakan Instagram? Jika ya, kamu pasti membutuhkan aneka tip praktis Instagram berikut ini. Tujuannya supaya kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal. Yuk, kita coba.

 

Menggunakan Instagram Stories:

* Stories dari orang-orang yang kamu ikuti (follow) akan muncul di bagian atas feed kamu

* Ketika terdapat story baru untuk dilihat, foto profil mereka akan tampil dengan lingkaran berwarna-warni di sekelilingnya.

* Untuk melihat story seseorang, kita dapat menekan foto profil mereka.

* Untuk melihat stories secara nyaman, tekan untuk maju dan mundur atau geser untuk berpindah ke story orang lain.

* Untuk menanggapi sesuatu yang kamu lihat, kamu dapat menekan dan mengirim pesan pribadi untuk orang tersebut melalui fitur Instagram Direct. Berbeda dengan post pada umumnya, tidak terdapat likes atau tanggapan publik.

* Ketika menyaksikan story kamu, geserlah untuk mengetahui siapa yang telah melihat foto dan video kamu.

 

Tip dari Instagram:

* Gunakan Boomerang dan Hyperlapse – Apapun yang terekam dalam 24 jam terakhir dengan kamera di smartphone kamu, meliputi Boomerang atau Hyperlapse, semua dapat diunggah ke story kamu. Untuk mengunggah, geser layar ke bawah dan pilih dari foto di kamera smartphone.

* Drawing – Tunjukkan bakat senimu dengan drawing tools Instagram, yang meliputi tiga jenis bolpoin. Kamu juga dapat menyesuaikan ukuran bolpoin dengan menahan titik pada bagian kiri layar smartphone, menggeser panel warna untuk menampilkan lebih banyak shades, dan menekan serta menahan panel warna untuk memilih lebih banyak warna dari spektrum yang luas.

* Add text – Tarik dan ambil teks untuk mengubah ukuran atau memutar, tambahkan emoji dan warna di balik teks untuk membuatnya menonjol, atau tambahkan warna di seluruh layar dengan menahan bolpoin kamu ke bawah dan tarik perlahan-lahan melintasi layar.

* Add filters – Tambahkan filter berbeda ke foto atau video kamu dengan menggeser foto kamu ke kiri.

* Quick shortcuts – Tahan layar smartphone untuk menghentikan story, lalu tekan kiri untuk berbalik, dan tekan kanan untuk melanjutkannya.

* Embrace neon – Gunakan neon pen – mencakup neon snow hingga neon calligraphy – untuk menonjolkan stories kamu.

* Share your story with who you want – Kamu dapat menghilangkan keseluruhan story-mu dari audiensi yang tidak diinginkan meskipun mereka merupakan follower-mu. Caranya, dengan menekan ikon Setting di kanan atas halaman Profilmu dan bukalah Story Settings.

* Share your story on your profile – Kamu juga dapat menampilkan bagian tertentu dari story-mu dengan mem-posting-nya di profil kamu. Caranya, tekan “…” pada bagian kanan bawah foto/video yang akan kamu bagikan, lalu klik Share as Post (iOS) atau Share (Android)

 

 Instagram juga memaparkan aneka tip yang mungkin belum kamu ketahui

* From today, find new Stories to watch – Dengan stories pada halaman Explore, kamu dapat makin mudah menemukan stories baru dari akun-akun yang tidak kamu ikuti (follow).

* Colour text – Pilih warna tertentu ketika menambahkan teks pada foto atau videomu.  Geser palet warna di atas keyboard untuk mencari lebih banyak warna, atau tekan dan tahan lingkaran untuk memilih warna tertentu.

* Mute – Kamu kini dapat memilih untuk tidak menampilkan story seseorang dengan menekan dan menahan foto profil mereka pada bagian atas feed kamu. Jika kamu memilih untuk tidak menampilkan sebuah story, story tersebut akan berpindah ke akhir bagian dan tidak akan diputar secara otomatis ketika kamu menjelajahi stories.

* Auto save – Simpan foto dan videomu secara otomatis di daftar foto kamera pada smartphone. Tekan ikon gear pada bagian kanan atas stories camera, dan nyalakan Save Shared Photos.

* ZOOM! Hold down on the video circle and swipe up – Abadikan seluruh detail dengan fitur zoom yang ada di Instagram.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.