Bantu Pelatih, Solusi SAP Kaji dan Prediksi Tendangan Penalti

sap-penalty-insights-2

SAP belum lama ini mengumumkan ketersediaan aplikasi web SAP Penalty Insights. Solusi ini menyediakan informasi terpercaya dan interaktif bagi para penjaga gawang dan pelatih untuk mempersiapkan teknik ampuh menghadapi tendangan penalti.

“Untuk mempersiapkan tembakan penalti, kami harus bersusah-susah payah melakukan analisis data (secara manual) di masa lampau,” kata Andreas Köpke (Pelatih Penjaga Gawang German Football Association). “Kini kami bisa menganalisis para pemain secara individual dengan cepat dan mempersiapkan para penjaga gawang kami secara optimal,” ujarnya dalam siaran pers SAP.

SAP menyatakan bahwa solusi SAP Penalty Insights awalnya merupakan informasi penalti yang merupakan bagian dari solusi SAP Sports One. Solusi ini dikembangkan bersama-sama oleh SAP dan German Football Association untuk menghadapi Kejuaraan Sepakbola Eropa tahun 2016. Tujuannya, mentransformasi cara penggunaan data di dalam tim dan bagaimana mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan.

Menurut SAP, berdasarkan hasil uji coba positif dari German Football Association serta permintaan pelanggan, fitur ini kini telah dikembangkan sedemikian rupa sebagai penawaran cloud untuk pasar konsumen yang lebih luas.

Para pengguna dapat menonton klip video untuk melihat setiap tendangan penalti di dalam database, mengatur filter untuk menganalisis kecenderungan tendangan, dan mengidentifikasi pemain-pemain yang sering melakukan penalti.

Sejumlah besar filter memungkinkan pengguna melakukan analisis mendalam terhadap para penendang penalti dan menemukan pola perilaku, termasuk daerah tujuan yang ditargetkan, situasi pertandingan, dan ciri-ciri tendangan. Pengguna juga dapat melihat statistik penting secara instan seperti jumlah keseluruhan tendangan penalti, jumlah gol, jumlah tendangan gagal, dan tingkat konversi dari pemain.

Saat ini, data penalti tersedia bagi tim pertama dan kedua Bundesliga, tim Piala DFB Nasional Jerman, dan klub Major League Soccer di Amerika Serikat. Nantinya, liga dan negara lainnya akan turut ditambahkan. Target audiensi mencakup kiper dan pelatih, penyiar olahraga, wartawan, dan anggota media.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.