Endless OS Resmi Diperkenalkan di Indonesia


Endless OS, sebuah sistem operasi berbasis Linux yang mengutamakan kemudahan penggunaan, akhirnya resmi diperkenalkan di Indonesia pada hari Selasa (4/7) kemarin.

Endless OS ini adalah sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Endless Computer, sebuah perusahaan yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat. Sistem operasi ini dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan untuk browsing, media sosial, pekerjaan kantor, dan juga game. Antarmukanya didesain sedemikian rupa sehingga mudah digunakan selayaknya kamu menggunakan smartphone.

Matt Dalio, CEO sekaligus pendiri Endless Computer mengatakan, “Melalui Endless OS, kami membuktikan komitmen kami sebagai penyedia teknologi yang memberikan akses teknologi yang lebih luas hingga ke seluruh dunia.

Tak hanya sekadar menghadirkan sistem operasi biasa, Endless Computer menghadirkan Endless OS ini dengan fokus untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan dunia pendidikan. Maksudnya Endless OS ini diklaim mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat yang selama ini berada di lokasi dengan infrastruktur internet yang masih kurang baik.

Endless OS ini memang telah dilengkapi dengan berbagai konten serta literatur yang dapat mendukung kebutuhan dunia pendidikan. Menariknya lagi, seluruh konten serta literatur tersebut telah tersedia secara lengkap dan tidak perlu didownload lagi. Artinya, kamu tetap bisa mengakses seluruh konten tersebut walaupun sedang tidak terhubung ke internet.

Tampilan desktop Endless OS

Selain itu, Endless OS ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat baik. File system pada sistem operasi ini menggunakan OSTree sehingga membuat direktori file system yang kritikal menjadi read-only dan tidak bisa diubah oleh aplikasi pihak ketiga manapun.

Untuk aplikasinya sendiri, Endless OS menyediakan beragam aplikasi yang tersedia gratis melalui App Center. Aplikasi yang tersedia saat ini diklaim telah mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan komputasi sehari-hari.

Tertarik untuk mencobanya? Endless OS ini tersedia secara gratis dan bisa diunduh di situs www.endlessos.com. Selain itu, beberapa produsen komputer juga bekerja sama dengan Endless Computer untuk menghadirkan sistem operasi ini pada jajaran produknya.

Tanggapan Kamu

komentar