Tuesday, March 19, 2024
Enterprise dan Korporasi

SAP: Pertumbuhan Bisnis Tergantung Kemampuan Digital Karyawan

Menurut hasil survei terkini yang dirilis oleh SAP, para pemimpin bisnis yang telah menyelesaikan proyek transformasi digital di seluruh organisasi mereka mencatat peningkatan yang luar biasa dalam hal produktivitas karyawan. Hal ini berbeda dibandingkan yang belum sepenuhnya bertransformasi digital.

Sebanyak 64 persen eksekutif dengan inisiatif digital yang beragam menyatakan bahwa karyawan mereka lebih dilibatkan, dibandingkan dengan 20 persen lainnya yang bekerja di organisasi yang hanya bertransformasi digital di beberapa area khusus saja.

Transformasi yang berhasil bergantung pada orang, dan hal ini tentu menyoroti pentingnya investasi terhadap tenaga kerja dalam mendorong kinerja bisnis digital. Hal ini mengemuka pada acara SuccessConnect yang berlangsung di Las Vegas, pada 29-31 Agustus di The Cosmopolitan of Las Vegas.

Dalam sebuah riset transformasi digital berjudul “Four Ways Leaders Set Themselves Apart” (yang diselenggarakan oleh SAP Center for Business Insight bersama Oxford Economics), disurvei sebanyak lebih dari 3.100 pengambil keputusan bisnis global. Tujuanny adalah menilai berbagai prioritas yang mendorong proyek transformasi digital.

Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya perbedaan yang mencolok antara organisasi-organisasi yang telah sukses bertransformasi digital dan yang belum mengadopsi strategi digital, yakni:

  • Sebanyak 83 persen para pemimpin yang telah sukses bertransformasi digital berharap bahwa digitalisasi akan mentransformasi manajemen karyawan selama dua tahun ke depan. Angka tersebut sangat jauh berbeda dibandingkan dengan hanya 37 persen organisasi yang belum memulai transformasi digital.
  • Responden yang telah sukses bertransformasi digital di dalam bisnis mereka memiliki pandangan yang lebih solid mengenai manfaat potensial di seluruh proses SDM mereka, di mana 71 persen menyatakan bahwa digitalisasi akan memudahkan untuk menarik dan mempertahankan bakat terbaik, dibandingkan dengan 54 persen responden lainnya.
  • Sekitar 52 persen bisnis yang telah mengalami proyek transformasi digital mengatakan bahwa mereka merencanakan untuk menciptakan lowongan-lowongan baru. Tujuannya, mencerminkan kebutuhan teknologi selama dua tahun ke depan, dibandingkan dengan hanya 32 persen perusahaan yang belum melakukan transformasi digital.

“Perusahaan-perusahaan terkemuka hari ini terus mengutamakan karyawan mereka sebagai inti strategi transformasi digital mereka,” kata Greg Tomb (President, SuccessFactors SAP).

“Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan digitalisasi bergantung pada orang-orang, khususnya di perusahaan yang paling inovatif dan berpandangan ke depan dengan komitmen yang tinggi untuk berinvestasi pada karyawan mereka, untuk memastikan bahwa angkatan kerja perusahaan dibekali dengan baik untuk menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya lagi.

Menurut SAP, penemuan-penemuan lainnya dalam laporan tersebut mencakup:

  • Lebih dari sepertiga perusahaan global percaya bahwa manajemen dan pengembangan karyawan merupakan pendorong utama pertumbuhan digital. Sekitar 31 persen setuju bahwa investasi pada keterampilan digital karyawan akan menjadi faktor terpenting dalam meningkatkan pendapatan di tahun-tahun mendatang.
  • Sektor perbankan menunjukkan komitmen terbesar dalam hal meningkatkan investasi dalam kemampuan digital selama dua tahun ke depan. Sebanyak 48 persen mencantumkannya sebagai faktor terpenting untuk mendorong pertumbuhan laba, sedangkan 45 persen sektor jasa profesional menilai peningkatan keterlibatan karyawan sebagai faktor pendorong profit yang paling penting.
  • Transformasi digital telah memiliki dampak positif yang lebih besar pada retensi dan pengembangan bakat pada organisasi-organisasi di Amerika Serikat dibandingkan pada mitra-mitra bisnis global mereka. Sekitar 19 persen perusahaan Amerika yang disurvei menyatakan bahwa pembaruan teknologi telah mengubah proses manajemen karyawan mereka secara menyeluruh atau sedikit, dibandingkan dengan hanya 8 persen perusahaan di Inggris, 7 persen perusahaan di Jerman dan 5 persen perusahaan di Meksiko.

SAP menyatakan bahwa studi ini menunjukkan bahwa komitmen terhadap transformasi digital akan terbayar dengan hasil yang amat memuaskan. Dibandingkan dengan perusahaan lain yang disurvei, pemimpin digital memiliki pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas yang lebih kuat saat ini – dan keuntungan yang kemungkinan akan berlanjut dalam dua tahun mendatang.

Faktanya, pemimpin digital memperkirakan pertumbuhan pendapatan 23 persen lebih tinggi daripada yang lainnya dalam dua tahun ke depan, dan 80 persen pemimpin mengatakan bahwa upaya transformasi telah meningkatkan profitabilitas dibandingkan dengan 53 persen pemimpin lainnya.

 

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.