AMD Resmi Rilis APU Ryzen untuk Notebook

Jakarta, PCplus. Peluncuran lini prosesor Ryzen untuk kelas desktop pada awal tahun 2017 ini membawa kesuksesan yang cukup besar bagi AMD. Kali ini, AMD menghadirkan prosesor tersebut untuk segmen mobile dengan merilis APU (accelerated processing unit) Ryzen yang berbasis prosesor dengan arsitektur yang serupa.

APU AMD Ryzen ini menggunakan CPU berbasis arsitektur Zen yang sama dengan yang digunakan pada versi desktop-nya. Selain itu, prosesor Ryzen tersebut juga dikombinasikan dengan chip grafis AMD Vega di dalamnya untuk menghasilkan sebuah APU yang berkinerja tinggi baik untuk bekerja maupun untuk bermain game.

Untuk peluncuran pertamanya, AMD meluncurkan dua varian APU yaitu Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Keduanya memiliki prosesor quad core dengan delapan thread, serta chip grafis Radeon Vega. Perbedaannya ada pada kecepatannya. AMD Ryzen 7 2700U memiliki base clock 2,2 GHz serta sepuluh compute unit pada Radeon Vega. Sementara AMD Ryzen 5 2500U memiliki base clock 2 GHz serta delapan compute unit pada Radeon Vega.

Kedua APU tersebut memiliki TDP sebesar 15 watt yang membuatnya cocok untuk digunakan pada notebook berdesain tipis. AMD menyatakan, TDP tersebut juga bisa disesuaikan melalui teknologi AMD SenseMi sehingga dapat menghadirkan konsumsi daya yang lebih hemat.

AMD Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U ini akan mulai digunakan pada sejumlah notebook baru yang akan diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang ini. Sejumlah produsen notebook seperti HP dan Lenovo pun menyatakan telah menyiapkan varian notebook baru yang akan ditenagai oleh APU Ryzen ini.

Tanggapan Kamu

komentar