Tuesday, March 19, 2024
Sekuriti

Opera Hadirkan Proteksi Penambangan Bitcoin di Peramban versi Mobile

Jakarta, PCplus. Cryptocurrency, seperti Bitcoin, menjadi salah satu topik hangat dan dengan lonjakan nilai Bitcoin tersebut. Begitu juga dengan penambangan koin, yang dikenal dengan penambangan cryptocurrency. Sementara beberapa pengembang web menggunakan pusat data mereka, makin banyak yang menggunakan komputer dan smartphone milik orang lain untuk menambang cryptocurrency.

Gejala itu diperkirakan mempengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia, menyebabkan perangkat mereka menjadi hangat, semakin lambat dan menguras baterai.

Baru-baru ini, Opera menjadi peramban besar pertama yang menambahkan fitur perlindungan terhadap penambangan cryptocurrency dalam produk desktop-nya. Kini, Opera meluncurkan fitur tersebut di semua peramban versi mobile guna melindungi ratusan juta pengguna di smartphone.

“Ketika Anda menjelajahi web, tidak ada petunjuk visual yang menandakan bahwa perangkat  sedang dibajak untuk melakukan kegiatan penambangan cryptocurrency,” kata Jan Standal, VP Product Marketing Opera, “Satu halaman web yang dikunjungi dapat menghabiskan 4,5 jam daya tahan baterai bila membiarkan web tersebut terbuka di browser.

Berdasarkan beberapa laporan, pada saat ini ada lebih dari 3 juta web yang rawan terhadap cryptojacking (penggunaan perangkat komputer pengguna oleh orang lain secara rahasia untuk menambang cryptocurrency) sehingga kebutuhan untuk perlindungan ekstra menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Dengan memblokir scripts penambangan, Opera memastikan smartphone penggunanya tetap berjalan dengan lancar dan memiliki baterai cukup.

Fitur baru perlindungan penambangan cryptocurrency itu akan langsung aktif ketika fitur ad blocker di Opera Mini dan Opera untuk Android dihidupkan. Fitur ad blocker dapat diaktifkan di “Pengaturan” dan akan secara langsung mengenali serta menghentikan scripts penambangan yang tertanam di dalam coding sebuah web.

Untuk mengetahui apakah browser yang digunakan terpengaruh oleh penambangan cryptocurrency, pengguna bisa mengunjungi www.cryptojackingtest.com untuk memeriksanya.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.