Asus TUF Gaming FX506, Pertama dengan GeForce GTX 1650Ti

Bersama dengan pengumuman resmi dari Nvidia, bahwa mereka menghadirkan satu lagi chip grafis entry performance mereka yakni Nvidia GeForce GTX 1650Ti, Asus pun langsung memperkenalkan produk mereka yang sudah menggunakan prosesor grafis yang bersangkutan.

Adalah TUF Gaming A15 FX506, laptop gaming mainstream yang dimaksud. Sebagai informasi, laptop gaming yang satu ini merupakan yang pertama di dunia yang menggunakan chip baru Nvidia tersebut di atas.

Yang menarik, bukan itu saja. Pada laptop yang sama, Asus juga menempatkan prosesor terbaru dari AMD yakni Ryzen 4000 series. Seperti diketahui, Ryzen 4000 series merupakan lini prosesor mutakhir dari AMD yang mampu melibas performa prosesor Intel di kelasnya, bahkan di atasnya.

Asus TUF Gaming FX506

Grafis Entry yang Bertenaga
Asus sendiri mengklaim, seri TUF Gaming terbaru kali ini juga tidak hanya kembali menawarkan durabilitas tinggi, tetapi juga performa yang kencang berkat adopsi prosesor generasi terbaru yaitu AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors. Dukungan komputasi grafis dari NVIDIA Turing GPU ditambah layar dengan refresh rate 144Hz juga membuat seri TUF Gaming semakin tidak tertandingi.

Sebagai informasi, GPU kelas entry tersebut lebih kencang dari GTX 1050 dan 1650 dan merupakan pilihan tepat bagi gamer yang menginginkan performa grafis lebih namun dengan harga yang tetap terjangkau. Ia merupakan chip grafis terkini yang menggunakan arsitektur Turing terbaru. 33

Dibekali dengan memori GDDR6 yang sangat kencang, chip grafis tersebut dipastikan memiliki performa grafis yang lebih baik dari chip grafis generasi sebelumnya, serta mampu menjalankan berbagai game terkini.

Tidak hanya untuk gamer, NVIDIA GeForce GTX 16-Series yang telah dilengkapi dengan CUDA core juga sangat optimal untuk video encoding dan rendering dan membuatnya pilihan tepat untuk para profesional kreatif.

CPU Hebat Berbasis Ryzen 4000 Series
Dari sisi prosesor, arsitektur “Zen 2” terbaru dari AMD kini telah hadir untuk jajaran laptop melalui AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors. TUF Gaming A15 FX506 ditenagai oleh AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Prosesor generasi terbaru tersebut tidak hanya optimal untuk bermain game, tetapi juga untuk tugas berat lainnya khususnya multitasking.

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors merupakan prosesor seri terbaru yang diproduksi menggunakan metode fabrikasi 7nm. Di TUF Gaming A15 ini, prosesor tersebut juga akan ditemani dengan memori DDR4-3200, paling kencang di antara laptop gaming pada umumnya.

Kombinasi CPU dan GPU tersebut memungkinkan peningkatan performa yang signifikan secara keseluruhan.

Dari sisi desain, Asus menyediakan dua opsi untuk pengguna. Baik bagi mereka yang memilih low profile, atau bagi mereka yang tetap ingin menampilkan sisi powerful dari laptop miliknya. Untuk itulah TUF Gaming A15 FX506 hadir dalam dua desain yang berbeda.

Fortress Gray merupakan desain dengan pelat metal di bagian belakang layar yang dihadirkan secara khusus sehingga memiliki tekstur yang lekat dengan warna abu-abu. Sementara Bonfire Black merupakan varian dengan desain yang lebih agresif, hadir khusus untuk gamer yang ingin menjadi pusat perhatian.

Baik varian Fortress Gray dan Bonfire Black, keduanya dirancang sangat tangguh untuk digunakan sehari-hari. Keduanya juga mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD-810H dan telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji getaran, uji jatuh, dan uji ketahanan pada suhu serta kelembapan ekstrem.

Fitur Gaming Terbaik
Sistem pendinginan yang mumpuni merupakan kebutuhan mutlak untuk sebuah laptop gaming agar selalu dapat menghadirkan performa yang optimal. TUF Gaming A15 FX506 hadir dengan struktur honeycomb pattern pada bagian bawah chassis-nya yang memungkinkan aliran udara lebih baik untuk keseluruhan sistem pendinginan.

Fitur anti-dust cooling kembali hadir di TUF Gaming A15 FX506. Fitur tersebut tidak hanya membuat debu dan kotoran yang dapat menyumbat heatsink di sistem pendingin dikeluarkan secara otomatis, tetapi juga meningkatkan durabilitas hardware dalam jangka panjang serta memastikan performa tertap terjaga melalui pendinginan yang optimal tanpa kompromi.

TUF Gaming A15 FX506 juga dilengkapi keyboard dengan layout seperti halnya keyboard PC desktop. Tombol-tombol penting seperti WASD dan spasi didesain khusus agar mudah diakses oleh gamer. Tombol pada keyboard TUF Gaming A15 FX506 dilengkapi dengan Overstroke Technology yang telah terbukti andal untuk bermain game.

Selain membuat setiap tombol di keyboard menjadi lebih responsif, Overstroke Technology juga memastikan tombol memiliki durabilitas tinggi dan tahan hingga 20 juta kali tekan. Hal tersebut tentunya sejalan dengan nama TUF Gaming yang sangat dikenal dengan durabilitasnya.

Dari sisi spesifikasi dan desain yang ditawarkan, tampaknya Asus TUF Gaming FX506 ini punya potensi yang sangat menjanjikan. Tak sabar kami menantikan kehadirannya di pasar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.