Asus VivoBook M409DA, Laptop AMD Upgradable

Sebuah laptop yang baik cuma sekadar laptop yang punya spesifikasi tertinggi, fitur terlengkap ataupun performa tiada bandingan. Jika kamu punya anggaran tanpa batas, mungkin tidak ada masalah untuk mendapatkan laptop seperti ini. Tetapi, bagaimana jika kocek terbatas tetapi tetap membutuhkan laptop yang baik?

Sebagai salah satu produsen utama di dunia notebook, Asus tentu punya solusi untuk pengguna seperti itu. Salah satunya adalah dalam wujud VivoBook M409DA. Mengapa kami sebut laptop ini sebagai laptop yang baik?

Pertama, dari sisi performa, dia bukanlah laptop ecek-ecek. Ia diperkuat prosesor AMD Ryzen 3000 series yang performanya cukup lumayan. Kedua, ia menawarkan kemampuan upgrade yang bagus dan ini merupakan kelebihan untuk penggunaan jangka panjang. Ketiga, harga laptop yang satu ini pun, tidak mahal. Berikut ini ulasannya.

Dimensi Ringkas dan Ringan
Meskipun murah, dijual mulai dari Rp5,8 juta untuk versi yang paling rendah sampai Rp7,8 untuk versi tertingginya, laptop ini tidak tampak murahan. Malah ia tampil setara dengan laptop seri mainstream sampai middle high yang harganya lebih tinggi di atas.

Desainnya tampak premium, tak seperti laptop murah. Dimensinya juga ringkas untuk ukuran sebuah laptop 14 inci. Bagaimana VivoBook M409 dapat tampil lebih tipis dan ringkas? Jawabannya ada di teknologi NanoEdge Display. Teknologi layar eksklusif dari ASUS tersebut memungkinkan bezel layar dapat tampil lebih tipis dari laptop pada umumnya.

Dari sisi ketebalan, laptop ini juga hanya 2,2 cm saja tebalnya. Ini membuatnya dapat dengan mudah diselipkan ke dalam tas, tanpa harus mengurangi buku catatan atau buku pelajaran yang ada di dalam tas. Tenang saja, bobotnya pun ringan, yakni hanya 1,5 kilogram saja.

Tidak Cuma sampai di situ, Asus juga memikirkan pula charger laptop ini. Percuma kalau laptopnya sudah ringkas, tipis dan ringan kalau chargernya segede gaban. Nah, pada seri VivoBook M409 ini, charger laptop tersebut ukurannya dibuat sekecil mungkin. Tentunya agar tidak menyusahkan pengguna saat membawanya kemana-mana.

Pengamanan Ekstra
Selain mudah dibawa bepergian, VivoBook M409 juga dilengkapi dengan sistem keamanan khusus. Untuk melindungi kerusakan data akibat guncangan di perjalanan, VivoBook M409 telah dilegkapi teknologi EAR HDD shock dampering.

Teknologi tersebut merupakan struktur tambahan yang dapat melindungi hard disk ataupun SSD SATA di VivoBook M409 sehingga lebih tahan terhadap guncangan. Ia berupa seperti bantalan berbahan karet namun cukup mampu untuk menahan guncangan jika laptop terbentur. Dengan demikian, ia bisa menjaga data-data yang ada di harddisk lebih aman.

Berbicara soal keamanan, VivoBook M409 juga telah dilengkapi dengan fitur pembaca sidik jari atau fingerprint. Fitur yang terintegrasi dengan Windows Hello tersebut memungkinkan pengguna laptop ini untuk dapat masuk (login) ke dalam sistem Windows 10 tanpa harus mengetikkan password.

Fitur sensor sidik jari seperti ini sangat berguna apalagi kalau kamu memang suka bepergian. Orang lain di sebelah kamu tidak akan bisa melihat PIN ataupun password login yang sedang kamu ketikkan, karena kamu memang tidak akan mengetikkan apa-apa.

Nyaman Digunakan
Meski merupakan laptop mainstream, VivoBook M409 tetap hadir dengan mengutamakan kenyamanan penggunanya. VivoBook M409 menggunakan keyboard berjenis chiclet yang memiliki key travel sejauh 1,4mm.

Jarak key travel tersebut sangat optimal untuk mengetik. Alasannya adalah karena jarak tekannya yang tidak terlalu dalam namun juga tidak dangkal, membuat penggunanya lebih nyaman ketika mengetik.

VivoBook M409 juga telah dilengkapi dengan speaker berteknologi SonicMaster Audio. Teknologi audio tersebut dilengkapi dengan speaker yang lebih besar, audio codec kelas profesional, serta ruang akustik yang dapat menghasilkan suara lebih kaya.

SonicMaster Audio juga hadir dengan sistem signal processing yang dapat memblokir efek noise dan meningkatkan kejernihan suara.

Konektivitas Lengkap
Karena dirancang sebagai laptop serba guna yang cocok diajak untuk traveling, VivoBook M409 dilengkapi dengan berbagai opsi konektivitas mulai dari koneksi melalui kabel (wired) atau nirkabel (wireless).

Opsi konektivitas nirkabel di VivoBook M409 terdiri dari gigabit WiFi 802.11ac yang tentunya akan sering kamu gunakan ketika bepergian. VivoBook M409 juga dilengkapi dengan Bluetooth 4.2 sehingga kamu dapat menghubungkan berbagai peripheral modern seperti wireless mouse atau headset.

Sementara opsi konseksi menggunakan kabel di VivoBook M409 terdiri dari berbagai macam port, salah satunya adalah port USB Type-C dan Type-A sehingga kamu bisa menghubungkan smartphone, flashdisk, dan perangkat lainnya dengan mudah. Ada pula port HDMI untuk menghubungkan VivoBook M409 dengan proyektor atau monitor tambahan, serta sebuah pembaca kartu MicroSD.

Murah Tapi Kencang
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, VivoBook M409 merupakan laptop powerful dengan harga yang terjangkau. Seberapa powerful laptop ini? Pada varian yang menggunakan prosesor Ryzen 5 3500U, VivoBook M409 dapat menghasilkan skor pengujian yang tergolong cukup baik.

Performa mumpuni tersebut dimungkinkan salah satunya adalah berkat penggunaan konfigurasi 4 core 8 thread di prosesor Ryzen 5 3500U yang tersedia di dalamnya.

Tidak hanya dalam hal performa pemrosesan CPU, VivoBook M409 juga terbukti memiliki performa grafis yang cukup baik. Performa grafis yang baik di VivoBook M409 tidak lain adalah berkat chip grafis terintegrasi Radeon Vega 8.

Lewat pengujian grafis meggunakan 3DMark, VivoBook M409 terlihat dapat menghasilkan skor yang cukup mumpuni hingga membuatnya mampu menjalankan berbagai game eSport seperti Counter-Strike: Global Offensive dan Dota 2.

Bisa Ditingkatkan Lebih Lanjut
Seperti sudah disebutkan di awal, sebuah laptop yang bagus itu bukan sekadar laptop paling cepat, paling kuat ataupun paling hebat tetapi harganya nggak bersahabat. Laptop yang bagus juga bisa berupa laptop murah, tapi bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Caranya tentu dengan kemampuan upgrade yang baik.

Semua ini tersedia pada Asus VivoBook M409DA. Setelah 2-3 tahun digunakan, mungkin Anda akan membutuhkan storage yang kapasitasnya lebih besar. Atau kalau VivoBook M409DA yang kamu beli merupakan versi harddisk, tentu kamu butuh juga mengganti storage tersebut dengan yang lebih cepat.

VivoBook M409DA yang kami uji coba kali ini adalah versi yang menggunakan harddisk. Untuk saat ini, mungkin performanya masih cukup memadai. Apalagi kalau kebutuhan kamu adalah untuk menjalankan tugas-tugas sederhana.

Nah, menariknya, laptop ini memungkinkan kamu untuk menukar harddisk dengan SSD berbasis SATA, ataupun memasang storage berbasis SSD M.2 NVMe yang jauh lebih kencang. Atau mau memasang SSD SATA dan SSD M.2? Bisa juga. Dijamin, laptop kamu nanti akan terasa seperti baru lagi performanya.

Demikian pula untuk RAM. Saat dijual di pasaran Asus M409DA hadir dengan pilihan RAM 4GB ataupun 8GB. Yang menarik, ada slot RAM tambahan yang bisa membuat kamu menambah kapasitas RAM yang sudah ada jika di masa datang kamu butuh kapasitas memori yang lebih luas. Niscaya, performanya akan meningkat secara keseluruhan.

Baterai Awet
Ini juga merupakan poin yang sangat penting. Dibandingkan dengan laptop sekelasnya, VivoBook M409 termasuk memiliki performa ketahanan baterai yang cukup baik. Saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, VivoBook M409 dapat bertahan lebih dari 5 jam.

Artinya, laptop ini dapat menemani kamu untuk bekerja selama lebih dari 5 jam non stop tanpa harus terhubung ke sumber listrik. Kalau kamu bekerjanya lebih ringan, atau tidak secara terus menerus, harusnya bisa lebih dari 5 jam.

Menariknya lagi, VivoBook M409 sudah mendukung teknologi fast charging. Menggunakan adapter charger bawaannya, laptop ini dapat mengisi daya sebanyak 60% hanya dalam waktu 49 menit. Selain itu, baterai yang digunakan di laptop ini menggunakan teknologi baru yang membuat umurnya 3 kali lebih awet dari baterai berteknologi lama.

CPUAMD Ryzen 5-3500U Quad-Core, 2.1 GHz (2M Cache, up to 3.7GHz)
Operating SystemWindows 10 64-bit
Memory8GB DDR4 RAM
Storage1TB HDD
Display14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) NanoEdge Display, 200 nits
GraphicsIntegrated AMD Radeon Vega 8 Graphics
Input/Output1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader, Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.2
Battery37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension/Weight32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.90 (H) cm / 1.5Kg
PriceRp7.699.000

Kesimpulan
Tak ada gading yang tak retak. Kalau menyimak ulasan kami di atas, tampaknya memang laptop ini seperti yang paling hebat di kelasnya. Tetapi tetap saja, ia memiliki sejumlah kekurangan. Layarnya masih menggunakan jenis TN yang memiliki sudut pandang relatif sempit. Bergeser sedikit, warnanya akan mengalami gradasi dan tidak akurat.

Meskipun ia nyaman digunakan untuk mengetik, tetapi kamu yang terbiasa belajar “sistem kebut semalam” alias begadang untuk menyelesaikan tugas, mungkin akan sedikit terkendala. Pasalnya, keyboard yang tersedia tidak menyediakan fitur backlit.

Terakhir, mungkin suhunya yang cukup tinggi, apalagi kalau kamu menggunakan laptop ini untuk bermain game. Meski dari sisi spesifikasi ia sanggup untuk menjalankan game dengan resolusi dan setting yang cukup lumayan, tetapi laptop ini tidak didesain untuk itu.

Pendinginan jenis single fan yang tersedia tidak cukup mumpuni untuk kebutuhan gaming ataupun pengolahan aplikasi 3D ataupun video rendering durasi panjang. Meski demikian, di pasaran pun banyak solusi pendinginan tambahan untuk laptop yang bisa kamu pasangkan pada VivoBook M409.

Dengan kata lain, kalau kamu tidak punya banyak uang tetapi ingin punya laptop yang bisa diandalkan untuk jangka panjang, VivoBook M409DA ini boleh kamu masukkan keranjang.