Asus VivoBook Pro F571GT. Kerja Bisa, Main Game pun Bisa

Buat sebagian orang, bermain game merupakan hobi yang tak bisa ditinggalkan. Apalagi para generasi milenial yang sebagian di antaranya sudah mulai masuk ke dunia kerja. Meski durasi bermain game-nya sudah berkurang karena kerjaan, tetapi biasanya mereka masih menyempatkan diri bermain game.

Di pasaran, laptop gaming memang ada sangat banyak. Pilihannya beragam, harganya pun bervariasi. Mulai dari yang belasan juta, sampai puluhan bahkan ratusan juta pun ada. Tapi di sisi lain, ada juga laptop mainstream biasa, yang bisa digunakan untuk bermain game. Contohnya adalah Asus VivoBook Pro F571GT.

Laptop yang satu ini merupakan sebuah laptop yang punya desain pas untuk bekerja, tetapi punya spesifikasi mumpuni layaknya laptop gaming. Tentunya, berhubung bukan laptop gaming, banderol harganya pun jatuhnya lebih terjangkau untuk para milenial yang baru mulai meniti karir tersebut.

Desain Kompak
Menghadirkan laptop untuk bekerja sekaligus bermain game memang tidak bisa sembarangan. Selain harus memiliki desain yang low profile, keseluruhan bodinya juga harus cukup ringkas dan ringan sehingga dapat dibawa bepergian dengan mudah.

Selain itu, laptop tersebut juga harus memiliki sistem pendingin yang cukup baik untuk mendinginkan komponen kelas gaming yang tentunya lebih panas dari komponen yang digunakan di laptop kantoran biasa atau ultrabook.

VivoBook Pro F571GT hadir dengan desain bodi yang ringkas dan tetap mudah untuk dibawa bepergian. Laptop ini memiliki dimensi 35,9 x 24,8 x 2,19 cm serta bobot 2,14kg. Artinya, VivoBook Pro F571GT masih sangat mudah dibawa bepergian menggunakan tas laptop standar.

Sebagai gambaran, VivoBook Pro F571GT merupakan seri VivoBook dengan spesifikasi paling tinggi saat ini. Karena itulah laptop ini harus dibekali dengan sistem pendingin khusus agar performanya tetap stabil selama pemakaian.

Ia telah dilengkapi dengan ASUS IceCool Technology agar panas dapat diredam dan tidak menjalar hingga ke bagian palmrest serta keyboard, membuat pengguna tetap nyaman ketika memakai laptop ini.

Dua kipas dan heatpipe khusus juga disematkan di bagian dalam VivoBook Pro F571GT. Keduanya bekerja untuk memastikan suhu komponen VivoBook Pro F571GT tetap terjaga dan mencegah terjadinya overheat. Udara panas akan dikeluarkan melalui dua ventilasi khusus di bagian belakang laptop ini sehingga pengguna tidak akan terganggu oleh udara panasnya.

Fitur Premium
VivoBook Pro F571GT menggunakan layar besar 15,6 inci berfitur NanoEdge Display. Fitur tersebut memungkinkan layar laptop memiliki bezel tipis, hait hanya 7,4mm saja. Dengan demikian, layar VivoBook Pro F571GT menjadi terlihat lebih lega ketimbang laptop lain yang berukuran layar sama.

Berkat penggunaan bezel layar yang tipis, ukuran bodi VivoBook Pro F571GT dapat tampil lebih kecil dibandingkan dengan laptop lain dengan ukuran layar yang sama. Hal tersebut membuat laptop ini mudah untuk dibawa bepergian.

Untuk kemudahan penggunaan, VivoBook Pro F571GT dilengkapi dengan pembaca sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan sistem Windows Hello di Windows 10. Windows Hello merupakan fitur yang memungkinkan pengguna VivoBook Pro F571GT tidak perlu mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem Windows 10. Cukup gunakan pembaca sidik jari dan VivoBook Pro F571GT akan otomati mengenali pengguna lewat sidik jarinya untuk masuk ke dalam sistem.

Kinerja Cepat
Berbeda dengan seri VivoBook lainnya, VivoBook Pro F571GT merupakan varian dengan spesifikasi paling tinggi dan performa paling kencang. Semua itu berkat kombinasi performa dari komponen kelas gaming seperti prosesor hingga Intel Core i7-9750H serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce GTX 1650.

Berikut ini spesifikasi teknis Asus VivoBook Pro F571GT:

ProsesorIntel Core i7-9750H 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz)
OSWindows 10 Home 64-bit
Memori8GB DDR4
PenyimpananSSD 512GB M.2 PCIe Gen3 x2 NVME + 32GB Intel Optane
Layar15,6″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare
GrafisNvidia GeForce GTX 1650
Input/Output1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x SD card reader, 1x LAN
KameraHD Web Camera
KonektivitasDual-band 802.11ac Wi-Fi (2×2), Bluetooth 4.2
AudioBuilt-in speaker certified by harman/kardon
Baterai42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimensi35.9(W) x 24.8(D) x 2.19 ~ 2.19 (H) cm
Bobot2.14Kg
HargaRp15.299.000
Garansi 2 tahun

Berdasarkan pengujian sintetis dan pengujian menggunakan game AAA, laptop ini menunjukkan performa yang sangat baik. Dengan skor pengujian sintetis mendekati laptop gaming, VivoBook Pro F571GT terbukti memiliki performa yang sangat kencang untuk sebuah laptop mainstream.

Pengujian menggunakan game Tom Clancy’s The Division 2 juga menunjukkan bahwa VivoBook Pro F571GT memiliki performa yang cukup baik untuk bermain game AAA, tepatnya dapat menghasilkan framerate hingga 58fps pada pengaturan grafis medium.

VivoBook Pro F571GT juga menggunakan M.2 PCIe SSD berkapasitas 512GB ditambah dukungan Intel Optane Memory hingga 32GB. SSD khusus tersebut membuat penyimpanan di VivoBook Pro F571GT tidak hanya lega, tetapi juga sangat kencang. Bagi gamer, SSD kencang berarti waktu loading game yang lebih singkat.

Daya tahan baterai VivoBook Pro F571GT memang tidak sehebat ultrabook atau laptop kantoran lainnya. Diuji menggunakan PCMark Battery Test pada mode modern office, laptop ini dapat bertahan selama 3 jam 40 menit. Meski demikian, VivoBook Pro F571GT hadir dengan adapter charger yang ukurannya cukup portabel dan mudah dimasukkan ke dalam tas.

Soal konektivitas, VivoBook Pro F571GT hadir dengan modul dual-band WiFi 5 (802.11ac) serta Bluetooth 4.2. Sementara konektivitas non-wireless di laptop ini terdiri dari port USB Type-A dan Type-C, ethernet, HDMI, serta combo audio jack. Bagi pengguna yang sering menggunakan SD card, VivoBook Pro F571GT juga dapat mengakomodasi kebutuhan mereka karena laptop ini telah dilengkapi dengan pembaca SD card.

Kesimpulan
Buat kamu-kamu yang ingin punya laptop dengan penampilan tidak terlalu mencolok tapi tetap punya performa dahsyat, VivoBook Pro F571GT ini sangat recommended. Portabilitasnya masih tetap terjaga untuk para pekerja profesional ataupun mahasiswa. Namun di luar jam kerja, laptop ini bisa berubah menjadi mesin game yang sanggup menjalankan game AAA terkini dengan baik.

Dari sisi harga, memang VivoBook Pro F571GT masuk di kategori harga laptop gaming. Di pasaran, Anda tentunya bisa mendapatkan laptop gahar untuk bermain game di harga Rp15 jutaan. Tetapi balik lagi. Kalau ingin yang penampilannya polos tetapi sebenarnya ia setajam silet, ini dia!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.