Tuesday, March 19, 2024
Berita TeknologiBlogTrikTutorial

5 Cara Memblokir Nomor HP Agar Tidak Mengganggu

Apakah Anda pernah merasa terganggu dengan nomor HP asing yang iseng berkali-kali menghubungi? Apakah Anda hanya diam saja? Nomor yang sering mengganggu perlu dilakukan tindakan pemblokiran, dengan begitu Anda akan tetap merasa nyaman.

Namun bagaimana caranya? Anda tidak usah bingung atau khawatir, cara memblokir nomor HP dapat dilakukan dengan beberapa cara dan tergolong mudah dilakukan. Seperti manual melalui smartphone atau dengan menambahkan aplikasi pihak ketiga. Penasaran bagaimana caranya? Simak Ulasannya berikut ini ya

Cara Memblokir Nomor HP Orang

Keberadaan nomor tidak dikenal ataupun dikenal yang sering kali menghubungi Anda, jelas saja menimbulkan rasa was-was atau tidak nyaman. Misalkan saja nomor penipu, mantan dll. Nomor yang mengganggu seperti itu perlu dilakukan pemblokiran. Lalu bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang kami kutip dari Thelastsurvivors:

  1. Blokir Melalui Menu Kontak

Memblokir nomor HP orang melalui menu kontak cukup mudah dilakukan karena Anda tidak perlu memasang aplikasi tambahan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  • Pertama, masuklah ke dalam menu “Kontak”
  • Selanjutnya, carilah nomor HP yang ingin Anda blokir agar tidak bisa menghubungi Anda kembali
  • Kemudian tap agak lama atau panjer nomor tersebut hingga muncul beberapa pilihan, seperti delete, edit dll. Nah, pilihlah “Add to blacklist”
  • Jika sudah, tap “OK” yang menandakan bahwa Anda setuju dan yakin akan memasukkan nomor tersebut dalam daftar blokir
  • Selesai! Kini nomor tersebut tidak bisa mengusik Anda lagi.
  1. Manfaatkan Aplikasi Calls Blacklist

Cara yang kedua untuk  memblokir nomor HP orang yang sering mengganggu Anda adalah dengan memanfaatkan aplikasi gratis dari Playstore yaitu  Calls Blacklist. Aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda coba karena penggunaannya cukup mudah. Kira-kira bagaimana ya caranya? Caranya yaitu:

  • Pertama, tentu saja Anda harus mengunduh dan memasang aplikasi Calls Blacklist ke dalam smartphone Anda
  • Jika sudah berhasil dipasang, kemudian buka dan jalankan aplikasi tersebut. Dan klik tombol plus (+) pada pojok kanan bawah halaman utama aplikasi
  • Setelah itu, pilihlah dari mana Anda ingin memasukkan nomor yang ingin diblokir, apakah dari kontak, SMS, log atau mau mengetik manual
  • Pilih nomor yang hendak diblokir dan klik “checklist”, kini nomor tersebut sudah masuk ke dalam blacklist Anda.
  1. Gunakan Aplikasi AntiNuisance

Seperti aplikasi blokir sebelumnya, AntiNuisance juga memungkinkan Anda untuk memblokirtelepon atau SMS dari nomor yang dikenal ataupun tidak dikenal yang tidak diperkenankan mengganggu.

Selain itu, AntiNuisance juga menyediakan fitur dimana Anda bisa menjadwalkan kapan bisa dihubungi dan kapan tidak bisa diganggu dengan adanya fitur DND atau Do Not Disturb. Paket komplit ya. Sedangkan untuk cara penggunaannya, hampir mirip dengan menggunakan aplikasi Calls Blacklist.

  1. Blokir Melalui Menu SMS

Cara memblokir nomor HP orang selanjutnya dapat dilakukan melalui menu SMS. Caranya juga sangat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  • Pertama, masuklah ke dalam menu SMS pada smartphone Anda
  •  Kemudian pilih salah satu chat yang dingin Anda blokir, lalu pilih menu dan tap “pengaturan obrolan”
  • Terakhir, hilangkan centang pada bagian pemberitahuan. Dengan begitu, jika nomor tersebut SMS maka akan masuk ke dalam spam dan tidak akan masuk ke inbox Anda.

Namun perlu diperhatikan, ini bukan berarti nomor tersebut tidak dapat mengirimkan pesan apapun kepada Anda. Melainkan pesan yang dikirim akan masuk ke dalam daftar spam dan tidak mengganggu Anda.

  1. Manfaatkan Aplikasi CM Security

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk memblokir nomor adalah CM Security. Caranya yaitu:

  • Unduh dan pasang aplikasi CM Security, buka dan jalankan aplikasi tersebut
  • Kemudian tekan menu pada pojok kanan atas layar, pilih “pemblokiran panggilan”
  • Lalu tap block private number, kemudian klik “+” dan pilih nomor yang akan di blokir.
  • Klik “selesai”.

Itulah 5 cara memblokir nomor HP orang yang sering kali mengganggu Anda, kini dengan cara di atas Anda akan terbebas dari orang iseng dan kembali merasa nyaman.

Baca juga informasi lainnya di jatimplus.id.

Arief Ramadhan

Seorang Blogger Pekanbaru penikmat teknologi, sekarang aktif berbagi informasi di https://www.arieframadhan.com.

One thought on “5 Cara Memblokir Nomor HP Agar Tidak Mengganggu

  • Tipsnya sangat bermanfaat..terimakasih udah share

Komentar kamu