WhatsApp Business untuk Tingkatkan Kepercayaan Pengguna

Menggunakan aplikasi WhatsApp untuk menjalankan bisnis merupakan salah satu langkah jitu, apalagi jika menggunakan versi business. Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp merupakan aplikasi pesan online yang sudah digunakan lebih dari 80% penduduk di Indonesia dengan rata-rata usia antara 16 hingga 40 tahun. Belum lagi rata-rata penggunaan jika dihitung dalam waktu, tentu menjadi angka potensial yang bisa dimanfaatkan untuk media promosi.

Sebelum membeli suatu barang, konsumen biasanya melihat profil yang dimiliki oleh penyedia barang tersebut. Hal ini sudah wajar dilakukan mengingat akan maraknya potensi kejahatan dunia maya. Dengan begitu, konsumen akan benar-benar yakin dengan produk dan perusahaan yang dimiliki.

Pada awalnya mereka akan melihat siapa anda sebagai seorang penjual, mulai dari melihat profil, alamat usaha apakah palsu atau memang benar-benar ada dan juga bagaimana brand usaha yang telah dijalankan. Belum lagi mereka juga akan melihat dan mencari testimoni dari konsumen sebelumnya jika memang ada.

Menampilkan testimoni memang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Namun tidak semua pelaku usaha yang mendapatkan review dari konsumen sebelumnya. Hal itu bisa saja terjadi karena memang konsumen tidak ingin atau malas berkomentar sesuatu, atau bahkan bisa jadi bawah produk yang anda tawarkan masih baru.

Meningkatkan Kepercayaan Pengguna Dengan WhatsApp Business

Dilansir dari k1ngcorporation.com, untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna barang atau jasa yang anda tawarkan, salah satunya bisa menggunakan WhatsApp business. Banyak fitur penting yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan versi WhatsApp yang satu ini. Diantaranya mungkin sangat berguna untuk membangun kepercayaan antara pengguna dengan anda.

1.    Fitur WhatsApp Business Terbaru

  • Auto Greeting

Fitur terbaru WhatsApp business adalah Auto Greeting, anda dapat melakukan pengaturan untuk menyapa pelanggan yang sedang berkunjung di akun WhatsApp yang anda pakai. Maksudnya seperti ini, anda dapat membuat pesan otomatis untuk menyapa mereka ketika pertama kali membuka kontak, misalkan ucapan salam, penawaran produk unggulan atau rangkuman pertanyaan yang umum ditanyakan calon konsumen.

  • Katalog Produk

Apapun yang anda jual, akan lebih mudah jika ditempatkan pada katalog agar pengunjung dapat melihat dan memilih produk yang sesuai. usahakan juga melampirkan harga dari setiap produk sehingga anda tidak perlu mengulang pertanyaan yang sama.

  • Statistik pesan

Statistik dari pesan yang dikirim dan sudah dibaca penerima akan ketahuan dengan fitur ini. Dari sini anda bisa membuat list mana saja pelanggan yang potensial, biasanya ciri-cirinya yaitu mereka yang merespons apa yang anda tawarkan.

2.    Cara Meningkatkan Kepercayaan Pengguna Dengan Fitur WhatsApp

Fitur WhatsApp business selain yang telah disebutkan diatas sebenarnya masih ada, yaitu balas cepat, pesan siaran, label pesan dan ada beberapa lainnya yang tentu dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan pengguna. Lalu bagaimana cara memanfaatkan fitur tersebut agar lebih optimal?

  • Lengkapi profil akun

Seperti yang dikatakan tadi bahwa konsumen akan melihat terlebih dahulu siapa dan apa yang anda tawarkan. Agar tidak banyak pertanyaan yang masuk, anda bisa melengkapi profil yang merupakan fitur utama WhatsApp business.

Gunakan foto atau logo perusahaan yang anda miliki agar benar-benar terlihat meyakinkan. Lengkapi juga dengan alamat usaha yang dijalankan agar mereka bisa langsung mengecek apakah alamat tersebut ada atau tidak.

  • Buat Konten di WhatsApp Story

Agar lebih meyakinkan bahwa anda benar-benar serius untuk berjualan, buatlah konten di story secara berkala. Anda bisa membuat konten mengenai testimoni jika memang sudah punya. Upload aktivitas pada apa yang anda jalankan, misalkan pembuatan produk atau pengemasannya. Hal ini juga akan menunjukkan bahwa anda adalah seller yang aktif untuk menarik pelanggan.

  • Foto Produk Sendiri

Sebagian orang menggunakan foto produk orang lain untuk berjualan. Apakah hal ini tidak akan menimbulkan kecurigaan? Bagi kami hal itu bisa saja terjadi, untuk itu ada baiknya anda menggunakan foto produk sendiri dan bukan mengambil milik orang lain yang dengan mudah didapatkan di Google.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan pengguna ketika anda menggunakan WhatsApp business sebagai media promosi maupun berjualan. Jika memang tidak bisa menghandel semua pekerjaan admin tersebut, anda bisa menyewa seseorang untuk dijadikan sebagai admin tambahan, karena fitur WhatsApp yang lain adalah dapat digunakan melalui perangkat yang berbeda.

Arief Ramadhan

Seorang Blogger Pekanbaru penikmat teknologi, sekarang aktif berbagi informasi di https://www.arieframadhan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: