ASUS Tegaskan Presensinya di Segmen Laptop Gaming Ultimate

Beberapa waktu lalu, ASUS meresmikan kehadiran laptop gaming performa tertingginya ke pasaran Indonesia. Keduanya hadir dalam wujud ASUS ROG Zephyrus S17 dan juga ROG Zephyrus M16.

Kedua laptop tersebut ditujukan untuk segmen pengguna yang berbeda-beda. Namun demikian, keduanya punya satu kesamaan. Mereka hadir dengan prosesor Intel Core 11th Gen, kelas performa yakni H45 series.

ASUS ROG Zephyrus S17 hadir dengan prosesor Intel Core i9-11900H yang merupakan prosesor terbaru dengan spesifikasi tinggi yang mampu berjalan pada clockspeed hingga 4,9GHz. Ia memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Prosesor terbaru Intel tersebut telah disiapkan secara khusus untuk menemani beragam aktivitas yang membutuhkan performa pemrosesan kencang seperti game streaming, video rendering, dan kegiatan content creation lainnya.

ROG Zephyrus S17 juga mampu menopang RAM DDR4-3200 dengan kapasitas hingga 48GB, membuatnya tampil sebagai salah satu mesin multitasking terbaik yang ada saat ini.

Kehadiran chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3080 di ROG Zephyrus S17 menjadikannya tampil sebagai mesin gaming yang sangat powerful. Sistem pendingin yang sangat efisien memungkinkan GeForce RTX 3070 dapat berjalan pada clock speed 1545MHz dan daya 115W melalui ROG Boost. Sementara fitur Dynamic Boost mampu memberikan daya tambahan hingga 25W untuk GPU ketika CPU sedang tidak pada kondisi full-load.

Lini produk laptop gaming ASUS berbasis Intel H45

Model selanjutnya, yakni ROG Zephyrus M16. Ini merupakan laptop gaming pertama di dunia yang hadir dengan layar 16 inci, rasio 16:10 dan resolusi 2K WQXGA.

Meski tampil dengan bodi yang ringkas dan ringan, ROG Zephyrus M16 (GU603) tetap merupakan mesin gaming dan penunjang produktivitas yang powerful berkat high performance 11th Gen Intel Core up to Core i9-11900H.

Menemani CPU powerful tersebut adalah GPU NVIDIA GeForce RTX 3000 Series dengan versi tertinggi yang digunakan oleh ROG Zephyrus M16 (GU603) adalah RTX 3060.

Gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan GPU yang satu ini berkat popularitasnya yang dikenal sebagai GPU ideal dengan performa kencang, konsumsi daya rendah, dan cukup terjangkau.

RTX 3060 juga sangat mumpuni untuk para content creator. GPU tersebut telah dilengkapi dengan CUDA core yang dapat digunakan untuk mengakselerasi proses encoding, serta Tensor core yang dapat dimanfaatkan untuk mengakselerasi simulasi efek cahaya realistis saat rendering.

ASUS bahkan menyematkan teknologi ROG Boost yang memungkinkan GPU untuk berjalan lebih kencang di frekuensi hingga 1425MHz.

Bersamaan dengan kedua laptop ROG bertenaga tersebut, ASUS juga menghadirkan seri terbaru dari TUF Gaming F15 2021 yang juga sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core 11th Gen H45 series.

Seperti laptop seri TUF Gaming lainnya, laptop ini hadir dengan performa tinggi, namun didesain untuk digunakan oleh lebih banyak kalangan pengguna dengan anggaran yang terbatas.

Dipa

Penulis pemula yang ingin memahami seluk beluk dunia IT dan gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: