Tuesday, March 5, 2024
SekuritiTrik

7 Tips Mengamankan PC Kamu

Jakarta, PCplus Live – Makin canggih komputer, makin rentan juga keamanannya. Apalagi kalau kamu termasuk yang sering terkoneksi ke jaringan internet. Makin perlu deh mengamankan PC kamu. Nah, PCplus punya 7 tips untuk mengamankan PC kamu supaya nggak gampang disusupi oleh penjahat cyber. Simak ya.

  1. Selalu Perbarui Sistem Operasi dan Software Kamu

Salah satu cara termudah untuk menjaga keamanan PC adalah dengan memastikan bahwa sistem operasi dan software yang kamu pakai selalu baru. Pengembang software secara teratur merilis pembaruan untuk mengatasi kerentanan keamanan, jadi pastikan untuk mengaktifkan pembaruan otomatis di komputer kamu ya.

Cek pembaruan Windows kamu di sini

  1. Gunakan Software Antivirus

Antivirus dirancang untuk mendeteksi dan menghapus software berbahaya dari komputer kamu. Sangat penting untuk menginstal antivirus di PC kamu dan selalu memperbaruinya. Kalau malas beli yang berbayar, Windows 10 punya fitur bernama Windows Defender, aktifkan dan pastikan terupdate. Fitur ini memang memberikan perlindungan dasar, tapi lebih baik daripada tidak samasekali. Kalau ada modal sedikit pertimbangkan untuk menginstal program antivirus pihak ketiga untuk keamanan tambahan.

  1. Buat Password yang Kuat

Passsword yang kuat sangat penting untuk melindungi akun kamu dari hacker. Password yang kuat setidaknya memiliki 12 karakter dan terdiri dari gabungan huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. Hindari menggunakan password yang umum seperti kata “password”, “123456”, atau tanggal lahir kamu. Dan jangan gunakan kata sandi yang sama di beberapa akun.

  1. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor (2FA) memberikan lapisan keamanan tambahan di akunmu dengan meminta bentuk identifikasi kedua selain kata sandi. Banyak situs web dan layanan yang menawarkan 2FA, dan ini merupakan cara yang sederhana dan efektif untuk melindungi akun kamu dari akses yang tidak sah.

  1. Berhati-hatilah Saat Mengeklik Tautan dan Membuka Lampiran Email

Serangan phishing adalah taktik umum yang digunakan oleh para hacker untuk mendapatkan akses ke akun kamu. Berhati-hatilah saat mengklik tautan dalam email atau membuka lampiran email, terutama jika email tersebut berasal dari pengirim yang tidak dikenal. Selalu verifikasi keabsahan email sebelum mengklik tautan apa pun atau mengunduh lampiran apa pun.

Baca Juga: Adakah Sistem yang Mampu Menjamin Keamanan Cloud?

  1. Gunakan Firewall

Firewall adalah program perangkat lunak atau perangkat keras yang memonitor dan mengontrol lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar. Firewall dapat membantu melindungi komputer kamu dari akses yang tidak sah dan mencegah perangkat lunak berbahaya untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan. Windows Defender yang tadi disebutkan di atas sebenarnya sudah memiliki fitur ini. Jadi, pastikan ia aktif ya.

  1. Cadangkan Data Kamu

Mencadangkan data sangat penting jika terjadi pelanggaran keamanan atau kegagalan hardware. Cadangkan file penting secara teratur ke hard drive eksternal atau layanan penyimpanan berbasis cloud untuk memastikan bahwa kamu dapat dengan cepat memulihkan data jika diperlukan.

Demikian tips untuk mengamankan PC kamu. Mengamankan PC membutuhkan kombinasi akal sehat dan penggunaan perangkat lunak keamanan serta praktik terbaik. Dengan mengikuti tips-tips penting ini, kamu dapat secara signifikan mengurangi risiko menjadi korban malware, peretasan, atau pencurian identitas. Ingatlah untuk tetap waspada dan selalu mengikuti perkembangan ancaman terbaru dan praktik terbaik keamanan.

Komentar kamu