Thursday, May 30, 2024
Berita Teknologi

Apple Borong Chip 3nm dari TSMC

San Francisco, PCplus – Ada rumor yang beredar bahwa Apple borong chip dengan proses manufaktur 3 nm baru dari Taiwan Semiconductor (TSMC). Chip ini akan dipakai untuk prosesor seri M3 untuk Mac dan A17 Bionic untuk beberapa iPhone generasi baru. Dengan memesan banyak chip, Apple disebut-sebut dapat menekan biaya yang besar karena tidak mesti menanggung biaya kerusakan die prosesor yang gagal produksi. Kok bisa?

Rahasia penghematan Apple

Di tingkat produksi prosesor masif, perusahaan chip menggunakan wafer silikon besar untuk membuat banyak chip sekaligus. Wafer itu kemudian dipotong menjadi banyak prosesor. Nah, dalam proses normal, tidak semua prosesor yang ada di Wafer tadi bisa beroperasi sesuai spesifikasi. Ada yang normal, berkurang fungsinya, bahkan tidak bekerja sama sekali.

Biasanya, produsen harus menanggung chip-chip yang rusak atau tidak berfungsi tadi dalam biaya produksinya. Biasanya sebelum benar-benar dibuang, prosesor yang tidak sesuai, diturunkan spesifikasinya menjadi versi lebih lambat atau rendah. Ini dikenal dengan istilah binned, atau memangkas spesifikasi asli menjadi produk yang lebih rendah. Dengan begitu, mereka bisa tetap mendapatkan uang dari potongan chip yang rusak, daripada rugi sama sekali. Nah, Pesanan chip Apple yang besar ternyata cukup untuk membuat TSMC tidak menagih biaya untuk potongan chip yang rusak.

Baca Juga: ASUS Produksi NUC Intel

Selain itu, penghematan bisa sangat besar untuk proses manufaktur baru. Seperti dikutip PCplus dari The Information, sekitar 70 persen dari potongan chip 3nm saat produksi bisa digunakan dengan baik. Meskipun angka ini bisa berubah tergantung pada chip yang diproduksi. Dan biasanya meningkat seiring waktu karena teknologinya ditingkatkan.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Apple borong chip dari TSMC. Menurut The Information, Apple menyumbang 23 persen dari 72 miliar dolar yang diperoleh TSMC pada tahun 2022. Ini menjadikan Apple sebagai pelanggan terbesar TSMC di tahun itu. Kini Apple akan kembali membeli seluruh kapasitas produksi 3nm TSMC dalam jangka pendek. Dan dilaporkan The Information, teknologi 3nm TSMC itu akan eksklusif dimiliki Apple selama “sekitar setahun” sebelum ada kapasitas untuk memungkinkan perusahaan lain menggunakannya.

Kesepakatan ini tampaknya sudah ada sejak Apple mulai menggunakan pabrik TSMC pada tahun 2014 untuk Apple A8 dan iPhone 6. Apple sendiri juga pernah menggunakan beberapa pabrikan untuk membuat prosesornya. Seperti prosesor buatan Samsung di beberapa iPhone dan prosesor buatan TSMC di produk lainnya.

TSMC, si raksasa chip

Sebagai informasi, saat ini TSMC memproduksi sebagian besar CPU, GPU, dan SoC untuk banyak perusahaan chip besar di dunia. Apple, Nvidia, AMD, dan Qualcomm semuanya menggunakan TSMC untuk produk-produk paling canggih mereka. Banyak juga yang beralih dari pesaing seperti Samsung dan GlobalFoundries dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan Intel, yang sebagian besar sejarahnya hanya membuat chip di pabriknya sendiri, kini mengandalkan manufaktur TSMC untuk GPU Arc-nya. Baik Samsung maupun Intel sudah mengirimkan atau bersiap mengirimkan teknologi 3nm, meskipun sulit untuk membandingkan proses antar perusahaan yang berbeda. TSMC sebdiri unggul dari pesaingnya selama beberapa tahun terakhir. Tapi, itu bisa berubah. Karena Apple selalu bisa mengancam untuk pergi ke tempat lain jika TSMC tidak mau memberikan syarat yang menguntungkan buat Apple.

Komentar kamu