Monday, June 24, 2024
Berita Teknologi

Review ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507ZV: Laptop Gaming yang Mumpuni Untuk Kebutuhan Kreatif

Ketika pertama kali dapet TUF Gaming F15 FX507Z ini, langsung kepikiran buat nulis tentang barang ini dari sudut pandang orang kreatif. Buat aku, laptop gaming jaman sekarang sudah bukan cuma buat para gamer aja, tapi juga bisa berguna banget buat orang-orang kreatif yang butuh laptop yang bertenaga buat jalanin aplikasi berat kayak desain grafis, edit video, animasi, dan sejenisnya.

Salah satu laptop gaming yang bener-bener bertenaga tuh ASUS TUF Gaming seri ini. Laptop ini punya prosesor Intel Core Generasi 12  yang dikombinasikan dengan GPU GeForce RTX 4060. Gimana sih pengalaman gue pake laptop ini? Nih, baca ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507ZV: Spesifikasi dan Fitur Lengkap

Tentu aja, buat orang kreatif, laptop yang oke banget itu harus bisa ngadepin tugas-tugas berat, punya grafis yang nendang, dan juga bisa dibawa-bawa kemana-mana.

Menurut aku, ada beberapa hal yang perlu di-consider ketika milih laptop buat orang kreatif. Pertama, spesifikasi prosesor yang jangan main-main, kartu grafis yang mumpuni, RAM yang gede, media penyimpanan yang cepet, layar yang bagus dengan warna yang akurat, dan pastinya juga fitur portabilitas, konektivitas, baterai, dan yang gak kalah penting, budgetnya!

Spesifikasi

ASUS TUF Gaming yang aku coba ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor: Intel® Core™ i7-12700H Processor
  • Windows 11 Home 64 Bit & Pre-Installed Microsoft Office Home Student 2021
  • Grafis: NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 Laptop GPU, up to NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 with with 8GB VRAM GDDR6. TGP Up to 140W.
  • Memori: 16GB DDR4 3200Mhz SO-DIMM dual-channel Up to 32GB
  • Penyimpanan: 512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD Up to 2TB
  • Layar: 15.6″ Inch (16:9) IPS FHD (1920 x 1080) 16:9 144Hz Up to QHD 240Hz
  • Audio: Dolby Atmos, AI noise-canceling technology Support Microsoft Cortana near field/Far field Built-in array microphone, Hi-Res certification
  • Kamera: 720P HD camera
  • Keyboard dan Touchpad: Backlit Chiclet Keyboard 1-Zone RGB Touchpad
  • Baterai: Up to 90Wh 4S1P, 4-cell Li-ion with 240 Adapter.
  • Port: 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Wi-Fi 6 (802.11ax) & Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2 (*BT version may change with OS upgrades.)
  • Bobot: 2.32 kg

Fitur

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya menarik untuk pekerja kreatif, antara lain:

  • Xbox Game Pass: Laptop ini sudah termasuk langganan Xbox Game Pass selama tiga bulan yang memberikan akses ke lebih dari 100 game PC berkualitas tinggi di Windows. Ini tentu menjadi nilai tambah bagi pekerja kreatif yang juga suka bermain game di waktu luang.
  • Bundle TUF backpack: Laptop ini juga dilengkapi dengan tas ransel TUF yang dirancang khusus untuk melindungi laptop dari benturan dan goresan. Tas ransel ini juga memiliki banyak kantong untuk menyimpan aksesori lainnya seperti mouse, charger, headset, dan lain-lain.
  • AI noise-canceling technology: Teknologi ini mampu mengurangi suara bising dari luar saat menggunakan mikrofon atau speaker. Ini sangat berguna bagi pekerja kreatif yang sering melakukan video call atau rekaman suara.
  • Adaptive-Sync technology: Teknologi ini mampu menyinkronkan refresh rate layar dengan frame rate grafis sehingga menghasilkan gambar yang lebih halus dan tanpa tearing. Ini sangat penting bagi pekerja kreatif yang membutuhkan akurasi warna dan detail gambar.

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z punya beberapa fitur keren yang pasti bikin pekerja kreatif tertarik nih:

  • Xbox Game Pass: Laptop ini udah termasuk langganan Xbox Game Pass selama tiga bulan. Jadi, kamu bisa main lebih dari 100 game PC keren di Windows. Buat yang suka gaming di waktu luang, ini pasti jadi bonus bagus.
  • Bundle TUF backpack: Gak cuma laptopnya aja, tapi juga dapet tas ransel TUF khusus buat ngejaga laptop dari benturan dan goresan. Tas ini juga punya banyak kantong buat nyimpen aksesoris kayak mouse, charger, headset, dan lain-lain.
  • Teknologi AI noise-canceling: Teknologi ini bisa mengurangin suara bising dari luar waktu lagi pake mikrofon atau speaker. Berguna banget buat yang sering video call atau rekaman suara.
  • Teknologi Adaptive-Sync: Ini bikin refresh rate layar dan frame rate grafis bisa sinkron, jadi gambar jadi lebih halus dan gak ada tearing. Buat pekerja kreatif yang peduli sama warna dan detail gambar, ini penting banget.

Desain

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z punya desain yang keren banget dengan warna Jaeger Grey. Laptop ini dibuat dari plastik dengan tekstur yang bagus dan logo TUF yang emboss di bagian belakang layarnya.

Nah, keyboardnya juga menarik perhatian, terutama touchpadnya yang punya desain anime Mecha. Touchpad ini bisa nge-support gestur multi-touch kayak pinch-to-zoom, scroll, dan swipe. Keyboardnya sendiri chiclet dengan satu zona backlight RGB yang bisa kamu sesuaikan warnanya sesuai selera. Tombol-tombolnya gede-gede dan terpisah jaraknya dengan cukup luas. Ada juga tombol-tombol khusus buat ngatur volume, mikrofon, kamera, dan mode performa.

Yang keren lagi, keyboardnya mirip banget sama keyboard desktop yang dioptimalkan buat gaming atau kerja pake shortcut. Lalu, ada juga lampu latar Mini LED RGB yang bisa kamu atur warnanya sesuka hati. Tombol-tombol WASD juga beda warna, jadi kamu bisa lebih cepat ngeliatnya buat perintah pergerakan. Respons tombol-tombolnya cepet dan gampang karena ada teknologi overstoker. Pokoknya, keyboardnya presisi banget!

Laptop ini juga kuat banget, punya sertifikat MIL-STD-810H yang ngasih tahu kalo dia tahan banting, suhu ekstrem, kelembaban, dan debu. Dan meskipun laptop gaming, bobotnya cuma 2.2 kg, jadi masih enak buat dibawa-bawa.

Kalo bicara soal kamera, ada kamera HD 720p di atas layar. Kameranya bisa pake teknologi AI face login buat buka laptop dengan ngenali wajah kamu. Selain itu, kamera ini juga punya teknologi AI noise-canceling yang bisa ngurangin suara bising waktu kamu pake mikrofon atau speaker.

Buat port, laptop ini cukup komplit. Ada 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 yang juga bisa jadi DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C yang bisa buat DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, dan 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

Kinerja

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z punya performa yang gila berkat prosesor Intel® Core™ i7-12700H dari Intel. Prosesor ini punya 14 core dan 20 thread, dan bisa berjalan sampe 4,7 GHz. Makin bagus buat ngejalankan aplikasi berat dengan cepat dan smooth. Dan yang seru, meski performa kelas atas, laptop ini tetep ringkas, tipis, dan gampang dibawa kemana-mana. Sistem pendinginan canggihnya juga bisa ngadepin tugas berat tanpa keringet dingin.

Laptop ini juga ditenagai oleh grafis NVIDIA GeForce RTX 4060 dengan MUX Switch + NVIDIA® Advanced Optimus dengan TGP Maksimal 140W. Nah, tambahan lagi ada NVIDIA DLSS 3, Ray Tracing, teknologi hemat energi Ada Lovelace yang canggih, dan teknologi Max-Q yang pintar. Semua ini ngehasilin performa grafis yang top buat gaming, desain grafis, edit video, dan lain-lain. Jadi, gambar yang dihasilin realistis dan detail banget.

Laptop ini punya RAM 16 GB, cukup buat multitasking, dan bisa di-upgrade sampe 32 GB. Media penyimpanannya 512 GB SSD yang cepet banget buat buka file besar. RAM itu kayak tempat buat nyimpen data sementara pas jalanin program. Semakin besar RAM-nya, semakin banyak program yang bisa jalan tanpa ngelag. Penyimpanan itu buat nyimpen data permanen kayak file, foto, video, atau game. SSD lebih cepet dari HDD karena gak ada piringan berputar, jadi booting lebih cepet dan buka file lebih lancar.

Buat OS, udah ada Windows 11 Home dan juga Office Home and Student 2021 yang udah terinstall, jadi tinggal pakai buat produktivitas sehari-hari.

Baterai

Dengan ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z, kamu bisa ngejalanin laptop lebih lama tanpa perlu sering-sering nyari stopkontak. Baterainya punya kapasitas 90Wh yang ngasih kamu waktu yang lama buat browsing atau nonton video. Dan yang keren, kalau baterainya abis, kamu bisa charge cepet banget berkat fitur fast charging. Hanya 30 menit, baterainya udah setengah full.

Layar

Layar di ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z ini luas 15.6 inci dan punya resolusi FHD (1920 x 1080) dengan refresh rate 144 Hz. Layarnya pake panel IPS-level yang ngasih kamu sudut pandang yang luas dan warna yang cerah. Dengan G-SYNC, gambar di layar akan selalu pas dengan grafis dari GPU kamu. Hasilnya? Lag yang nyaris gak ada, gambar yang jarang patah-patah, dan tampilan yang gak ada sobekan. Layar FHD-nya juga bisa tampilin semua warna dengan bagus banget, sampe 100% dari spektrum warna sRGB yang biasa dipake para pro. Dan yang lebih bagus lagi, desain layarnya ngambil 80% dari keseluruhan bodi laptop, jadi buat video dan game terasa lebih imersif tanpa bikin laptop jadi ribet dibawa.

Fitur Pendinginan Keren!

Laptop ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z ini punya fitur pendinginan yang canggih, pake 84-blade Arc Flow Fans™ dan 5 heat pipe. Ini fungsinya buat ngejaga suhu komponen laptop tetep optimal dan nge-boost performa buat gaming dan kerjaan kreatif. Ini penjelasannya:

84-blade Arc Flow Fans™ adalah kipas yang punya desain khusus di bilahnya, yang tebelnya bervariasi dari 0,1 mm sampe 0,36 mm. Ini bikin aliran udara lebih bagus dan ngurangin suara bising dari kipas.

5 heat pipe adalah pipa-pipa tembaga yang fungsinya ngalirin panas dari komponen-komponen yang panas, kayak prosesor, grafis, dan memori, ke heatsink yang deket sama ventilasi exhaust. Heatsink itu kayak komponen yang punya sirip-sirip logam yang bantu dinginin panas dengan ngeluarin panas dari laptop pake kipas.

Fitur pendinginan ini juga didukung oleh teknologi self-cleaning cooling system 2.0 yang bisa hindarin debu masuk ke dalam laptop dan ngganggu performa pendinginan. Teknologi ini pake saluran-saluran khusus buat ngeluarin debu dari laptop secara rutin.

Audio

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507Z punya dua speaker stereo di bawah laptop yang bisa ngeluarin suara sekitar 2 W. Speaker ini juga pake software AI noise-canceling technology buat ngurangin suara bising dari luar saat kamu pake mikrofon atau speaker. Selain itu, speaker ini juga punya Dolby Atmos Hi-Res certification yang bikin suara jadi kayak surround virtual. Kualitas suaranya cukup bagus, dengan volume yang keras dan jernih buat dengerin musik, nonton film, atau main game.

Harga

Harganya buat ASUS TUF Gaming F15 ini dimulai dari Rp. 22.999.000 dengan beberapa pilihan spesifikasi. Menurut gue, harganya masih terjangkau buat pekerja kreatif yang butuh laptop dengan performa tinggi. Ingat, harga emang sebanding sama kualitas yang kamu dapet!

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming F15 – FX507Z adalah laptop gaming yang pas banget buat pekerja kreatif yang butuh performa tinggi, baik buat desain grafis, edit video, animasi, dan lain-lain. Laptop ini punya prosesor Intel® Core™ i7-12700H dan grafis NVIDIA GeForce RTX 4060 yang generasi terbaru. Ada juga fitur-fitur menarik kayak Xbox Game Pass, bundle TUF backpack, AI noise-canceling technology, dan Adaptive-Sync technology. Desainnya kokoh dan elegan dengan sertifikat MIL-STD-810H. Layarnya 15.6 inci dengan refresh rate 144 Hz, keyboard chiclet dengan satu zona RGB backlight, touchpad gede dengan tombol terpisah, speaker stereo dengan Dolby Atmos Hi-Res certification, kamera HD 720p dengan AI face login, dan port-port yang lengkap termasuk USB-C dengan DisplayPort™. Baterainya 90 Wh yang cukup tahan buat gaming, dan harganya dimulai dari Rp. 22.999.000, yang meskipun gak murah, tapi sebanding dengan apa yang kamu dapet. Semoga review ini membantu buat teman-teman pekerja kreatif yang lagi cari laptop gaming dengan performa tinggi.

Komentar kamu