Friday, March 1, 2024
Berita Teknologi

5 Alasan Upgrade Ke Wifi 6

Jakarta, PCplus – Teknologi yang semakin berkembang membuat penggunanya wajib mengikuti trend terkini supaya tidak tertinggal. Hal ini berlaku juga di dunia data digital. Makin hari, jumlah transmisi data makin besar, perangkat pendukung transmisi data pun harus diupgrade supaya aktifitas tidak terasa lemot. Nah, kalau kamu termasuk yang punya jaringan WIFI di rumah atau kantor, ada 5 alasan kenapa kamu harus upgrade jaringan mu ke Wifi 6.

Baca Juga: D-Link DWA-X1850, WIFI 6 USB Adapter Buat Laptop Kamu

1. Kecepatan dan efisiensi data meningkat

Wi-Fi 6 memakai modulasi 1024-QAM yang lebih canggih, sehingga bisa mengirim data lebih cepat dan hemat dibanding Wi-Fi 5 yang cuma pakai 256-QAM. Wi-Fi 6 juga punya signal encoding yang lebih mantap dan bisa kirim data lebih banyak dalam sekali kirim. Selain itu, Wi-Fi 6 juga lebih aman dengan WPA3 yang bisa jaga jaringan Wi-Fi kamu dari gangguan.

2. Baterai tahan lama

Wi-Fi 6 punya fitur “target wake time” (TWT) yang bikin perangkat bisa tidur sebentar, cuma bangun pas ada transmisi masuk. Ini bisa bikin baterai perangkat awet dan hemat.

3. Dukung teknologi masa depan

Wi-Fi 6 cocok buat perangkat masa depan seperti hp 5G pintar yang konek tanpa kabel, perangkat Internet of Things (IoT), dan sistem mobil tanpa sopir.

4. Interferensi berkurang

Wi-Fi 6 beda dengan Wi-Fi 5, karena pakai warna basic service set (BSS) yang bisa hindari dan kurangi interferensi cochannel antara BSS. Ini bikin jaringan lebih lancar dan luas.

5. Transmisi mantap di tempat ramai

Wi-Fi 6 lebih unggul dari Wi-Fi 5 di tempat ramai seperti mall, bandara, dan sekolah. Ini karena pakai teknologi seperti multi-user-multiple-input multiple-output (MU-MIMO) 8-stream dan multiple access (OFDMA) frekuensi-division orthogonal. Dengan ini ia bisa kirim data lebih banyak dan cepat.

Demikian 5 alasan untuk upgrade jaringan kamu ke Wifi 6. Kalau kamu sedang mencari perangkat jaringan Wifi 6 yang handal dan bagus. Kamu bisa pertimbangkan produk seperti AX1800 atau AX3600 dari D-Link untuk  penggunaan dalam dan luar ruangan.

Komentar kamu